Pola Komunikasi Pada Hubungan Jarak Jauh Anak Terhadap Orangtua Dalam Menjaga Hubungan (Studi Kualitatif Pada Mahasiswa Program Internasional Universitas Muhammadiyah Surakarta Yang Berasal Dari Luar Negeri)

Luxyantikal, Rindang (2014) Pola Komunikasi Pada Hubungan Jarak Jauh Anak Terhadap Orangtua Dalam Menjaga Hubungan (Studi Kualitatif Pada Mahasiswa Program Internasional Universitas Muhammadiyah Surakarta Yang Berasal Dari Luar Negeri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (301kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Pola komunikasi merupakan bentuk atau hubungan antara dua atau lebih dalam proses penyampaian dan penerimaan pesan. Komunikasi merupakan aktivitas dasar yang dilakukan manusia. Tidak ada manusia yang tidak terlibat dalam komunikasi. Komunikasi yang dilakukan anak terhadap orangtua padahubungan yang berdekatan bisa berjalan dengan lancar karena komunikasi dilakukan setiap hari. Berbeda jika komunikasi yang dilakukan anak terhadap orangtua adanya hubungan jarak jauh, tidak dapat dipungkiri intensitas komunikasi yang dilakukan anak terhadap orangtua menjadi jarang. Terbukti dengan adanya hubungan jarak jauh yang dialami oleh mahasiswa program internasional Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang berasal dari luar negeri. Dengan adanya perbedaan jarak dan perbedaan waktu komunikasi anak terhadap orangtua tidak lagi secara tatap muka langsung melainkan dengan menggunakan media sebagai penghubung komunikasi anak terhadap orangtua.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pemilihan informan secara sampling purposive (purposive sampling) yaitu, mengambil subjek yang berfokus kepada mahasiswa program internasional UMS yang berasal dari luar negeri. Objek peneliti ini adalah tentang bagaimana pola komunikasi pada hubungan jarak jauh anak terhadap orangtua dalam menjaga hubungan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan pedoman wawancara agar wawancara tetap berada pada fokus penelitian dan data dianalisis melalui tiga alur yaitu; reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi pada hubungan jarak jauh anak terhadap orangtua dalam menjaga hubungan yaitu terdapat dua macam pola komunikasi: pola komunikasi yang pertama merupakan pola komunikasi sekunder, dimana komunikasi yang dilakukan didukung dengan adanya kecanggihan teknologi informasi. Selanjutnya adalah pola komunikasi linear, komunikasi yang dilakukan dengan tatap muka namun adakalanya komunikasi bermedia, komunikasi biasanya dilakukan adanya perencanaan sehingga komunikasi yang dilakuakan lebih efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Pola Komunikasi, Hubungan anak dan orangtua.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Mar 2015 08:32
Last Modified: 13 Dec 2018 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32491

Actions (login required)

View Item View Item