Terpaan Kasus Korupsi dan Citra Lembaga (Study Eksplanantif Pemberitaan Penanganan Kasus Suap Hakim Mahkamah Konstitusi di Portal Online Www.Detik.Com Edisi Bulan November 2013-Februari 2014 )

Hikmawati, Novinda Getty Noer and , Drs. Joko Sutarso, M.Si and , Budi Santosa, M.Si (2014) Terpaan Kasus Korupsi dan Citra Lembaga (Study Eksplanantif Pemberitaan Penanganan Kasus Suap Hakim Mahkamah Konstitusi di Portal Online Www.Detik.Com Edisi Bulan November 2013-Februari 2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (423kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (745kB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

Informasi pada sekarang ini menjadi kebutuhan penting bagi setiap individu atau masyarakat. Semakin pentingnya kebutuhan akan informasi , membuat munculnya berbagai macam media massa, seperti salah satunya adalah media online detik.com yang mampu menyebarkan informasi secara aktual dan faktual.Peristiwa yang baru saja muncul di pemberitaan media, seperti detik.com adalah pemberitaan kasus suap dengan tersangka Akil Muchtar sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi. Kasus tersebut diberitakan terus oleh detik.com dari akhir tahun 2013 s/d februari 2014. Tujuan Penelitian untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan pemberitaan tentang penanganan kasus suap hakim MK terhadap citra Mahkamah Konstitusi di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS angkatan 2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, sample penelitian adalah mahasiswa Ilmu komunikasi angkatan 2011. Analisis data dengan analisis korelasi dan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil -0,366, dengan nilai koefisien korelasi negatif (-), hal itu menunjukan bahwa terpaan pemberitaan penanganan kasus suap hakim MK di media online detik.com berkontribusi dalam menurunkan citra MK di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS angkatan 2011. Sedangkan untuk hasil nilai koefisien regresi (b) adalah sebesar -0,562 dengan parameter negatif, hal ini menunjukkan bahwa setiap terjadi peningkatan terpaan pemberitaan penanganan kasus suap hakim MK, maka citra MK di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS angkatan 2011 akan semakin mengalami penurunan. Maka H0 ditolak dan Ha di terima, berarti bahwa terpaan pemberitaan penanganan kasus suap hakim Mahkamah Konstitusi berpengaruh signifikan terhadap citra Mahkamah Konstitusi di kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS angkatan 2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media, Media Online dan Citra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2015 06:57
Last Modified: 18 Oct 2021 22:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32485

Actions (login required)

View Item View Item