PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 NGARINGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2007/2008

YUPRIKA , FERNANDO (2009) PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 NGARINGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] Microsoft Word
A310030056.doc

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF
A310030056.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
A310030056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam peneltian ini adalah semester I SMP Negeri 2 Ngaringan Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2007/2008 dengan peta konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Ngaringan Kabupaten Grobogan Kelas VII semester I tahun ajaran 2007/2008 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VII B dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Data hasil belajar bahasa Indonesia diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penelitian maupun catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dari penelitian ini secara kuantitatif dan kualitatif, yaitu dari hasil tes I, II dan III dianalisis secara kuantitatif sedangkan data perkembangan aktivitas belajar siswa dari putara I sampai putaran III dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,28 dan rata-rata pada putaran I meningkat menjadi 6,55, rata-rata putaran II menjadi 7,20 dan putaran III meningkat menjadi 7,96. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan peta konsep apda pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,62 point atau 62%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaringan Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2007/2008 dengan peta konsep sebesar 0,62 point atau 62%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: peta konsep, hasil belajar bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jun 2009 08:17
Last Modified: 16 Nov 2010 16:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item