Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sesorah Bahasa Jawa Pada Smp Negeri 3 Delanggu Klaten Tahun 2013

TOMO, SRI (2014) Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sesorah Bahasa Jawa Pada Smp Negeri 3 Delanggu Klaten Tahun 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (903kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Perencanaan proses pembelajaran Sesorah bahasa Jawa (2) Proses pembelajaran sesorah bahasa Jawa dan Nilai-nilai karakter; (3) Faktor-faktor yang mendukung kelancaran siswa dalam proses pembelajaran sesorah bahasa Jawa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Delanggu Klaten kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan dan menyeleksi data yang diperoleh dalam penelitian bedasarkan kualitas kebenarannya kemudian menggambarkan dan menyimpulkan hasilnya untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian (1) Perencanaan proses pembelajaran sesorah disusun dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat dalam bentuk Kurikulum Tahun 2013 , sebelum tahun ajaran baru dimulai. (2) Proses pembelajaran sesorah terdiri dari tiga kegiatan. Kegiatan awal meliputi memeriksa absensi siswa dan memberikan pre-test langsung pada siswa. Kegiatan inti meliputi menyampaikan materi ajar sesuai dengan RPP. Kegiatan akhir meliputi menyimpulkan materi dan memberikan tugas pada siswa. (3) Faktor-faktor yang mendukung siswa belajar sesorah bahasa jawa meliputi minat dan bakat siswa, guru yang profesional, sarana prasarana yang mendukung dan kegiatan belajar mengajar bahasa Jawa..

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pendidikan Karakter Sesorah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:10
Last Modified: 20 Mar 2015 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32457

Actions (login required)

View Item View Item