Kontribusi Kepemimpinan dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru dan Dampaknya pada Kinerja Guru SD di UPTD Dikpora Kecamatan Jebres Kota Surakarta

Juwaeni, Hamdan and , Dr. Suyatmini, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2014) Kontribusi Kepemimpinan dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru dan Dampaknya pada Kinerja Guru SD di UPTD Dikpora Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (751kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
BAGIAN DEPAN TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tinggi dan rendahnya motivasi dan kinerja guru tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah terhadap bawahannya, kemampuan memimpin dan menjalin komunikasi kepala sekolah diharapkan dapat mendorong bawahannya untuk bekerja lebih baik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menguji tingkat kontribusi kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru,(2) untuk menguji tingkat kontribusi kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, dan (3) untuk menguji tingkat kontribusi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di UPT Dinas Dikpora Kecamatan Jebres Kota Surakarta yang berjumlah 762 orang dengan sampel 262 orang. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat kontribusi kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru, dengan kriteria hasil < x = 0,035 < (0,405 x 0,238) = 0,035 < 0,096 terdapat pola hubungan tak langsung dan > x = 0,161>(0,405 x 0,202) = 0,161 > 0,082, terdapat pola hubungan langsung. (2) Terdapat kontribusi yang positif kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah pada motivasi kerja guru, diperoleh nilai > , yaitu 23,756 > 2,639 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. (3) Terdapat kontribusi yang positif motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa > yaitu 6,922 > 1,989 dan nilai p (signifikansi) <0,05, yaitu 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; komunikasi; motivasi; kinerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2015 01:44
Last Modified: 20 Oct 2021 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item