Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Al Falaah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Khotimah, Nurul and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Al Falaah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img] PDF (Bab i)
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab Ii)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IIi)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab Vi)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (229kB)

Abstract

Secara umum pendidikan di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan dan penghayatan serta pengalaman peserta didik harapan untuk meraih masa depan yang lebih baik mulai disadari oleh masyarakat dan ini mendorong berbagai perhatian terhadap layanan masyarakat. Karena itu pendidikan menjadi prioritas yang utama dalam meningkatkan kualitas SDM guna pembangunan bangsa ini. Realisasi pendidikan berwujud dengan adanya desentralisasi pendidikan yang dinamakan dengan komite sekolah guna mengikutsertakan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan dan diharapkan akan menumbuhkan rasa kepemilikan dalam diri setiap anggota masyarakat, sehingga mereka akan merasa mempunyai tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : bagaimana peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al Falaah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komite sekolah dalam pembelajaran PAI di SD Al-Falaah Simo. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam pengumpulan data, metode yang penulis gunakan adalah metode observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi, dari data yang telah berhasil dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian di SD Al-Falaah Simo Boyolali dapat diambil kesimpulan: peran komite sekolah sebagai badan pengontrol kurikulum pengajaran agama Islam hanya sebatas mengontrol program-program sekolah. Dalam perannya sebagai badan pertimbangan di sini komite sekolah kaitannya dalam pembelajaran agama Islam hanya sebatas membantu pihak sekolah dalam mempertimbangkan penerimaan siswa baru dan mempertimbangkan tentang penarikan biaya serta sarana prasarana. Peran komite sekolah sebagai badan penghubung belum dilaksanakan, bedasarkan hasil wawancara bahwa komite sekolah belum menjadi penghubung antara komite sekolah dengan masyarakat, dan dewan pendidikan, bahkan komite sekolah belum memberikan usulan kebijakan dan program pendidikan kepala sekolah, serta tidak memfasilitasi berbagai kebijakan program terhadap sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran komite, mutu pendidikan agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2015 02:57
Last Modified: 19 Oct 2021 14:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32402

Actions (login required)

View Item View Item