PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS (Survey di Wilayah Yogyakarta)

Setyawan, Dedy (2009) PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS (Survey di Wilayah Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B200040205.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF
B200040205.pdf

Download (166kB)

Abstract

Berbagai isu mengenai pelanggaran etika yang dilakukan oleh akuntan belakangan ini patut mendapat perhatian yang serius, terutama oleh dunia pendidikan tinggi akuntansi di Indonesia. Dunia pendidikan merupakan salah satu tempat yang strategis untuk memupuk nilai-nilai pendidikan. Pendidikan tinggi akuntansi tidak saja bertanggung jawab pada pengajaran ilmu pengetahuan bisnis dan akuntansi (transformasi ilmu pengetahuan) semata kepada mahasiswanya, tapi lebih dari itu juga bertanggung jawab mendidik mahasiswanya agar mempunyai kepribadian yang utuh sebagai manusia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi antara mahasiswa akuntansi dan akuntan publik di Yogyakarta terhadap etika bisnis. Populasi dalam penelitian ini adalah akuntan publik dan mahasiswa akuntansi Universitas Swasta di Yogyakarta. Jumlah sampel mahasiswa akuntansi sebanyak 165 mahasiswa, sedangkan jumlah sampel akuntan publik sebanyak 32 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi akuntan publik dan mahasiswa akuntansi tentang etika bisnis mempunyai perbedaan yang signifikan hal ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 ( P < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dilihat dari nilai rata-rata menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang etika bisnis lebih baik dibandingkan akuntan publik yaitu 139,89 sedangkan nilai rata-rata persepsi untuk akuntan publik sebesar 127,50. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang belum memiliki pengalaman di lapangan memiliki idealisme atau kepribadian yang lebih baik di banding akuntan publik yang sudah berpengalaman dan mengalami godaan-godaan dalam pekerjaannya, sehingga mempengaruhi persepsi akuntan publik terhadap etika bisnis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etika bisnis, etika dalam perspektif bisnis yang umum, etika dalam perspektif bisnis dengan dimensi keagamaan, etika dalam perspektif bisnis dibidang auditing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jun 2009 07:28
Last Modified: 24 Oct 2011 07:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item View Item