Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Ibu-Ibu Peserta Kajian Di Masjid Al Hidayah Perumahan Klodran Indah Colomadu Tahun 2014

Juliyanto, Juliyanto and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Drs. Ma'arif Jamuin, M.Si. (2014) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Ibu-Ibu Peserta Kajian Di Masjid Al Hidayah Perumahan Klodran Indah Colomadu Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab VI)
8. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
9R. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RRR. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (586kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan usaha sadar yang dilakukan pendidik dalam mempersiapkan peserta didik untuk meyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang telah dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran pendidikan merupakan cara untuk menyampaikan materi kepada peserta kajian untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Karena dengan penggunaan metode proses pembelajaran akan lebih mudah untuk disampaikan Pendidikan merupakan suatu yang paling penting untuk dimiliki manusia karena dengan pendidikan manusia dapat mengetahui apa-apa yang belum diketahui dan dengan pendidikan manusia dapat berfikir cerdas dan mempunyai skill. Begitu juga dengan Pendidikan Agama Islam, pendidikan keagamaan sangat penting dimiliki oleh setiap makhluk terutama seorang muslim, karena dengan ilmu agama inilah seseorang dapat mengetahui adab, aturan, dan hukum Islam, yang akan membawa keselamatan hidup di dunia dan di akhirat. Sehingga dengan adanya pendidikan manusia dapat bergaul dan dipakai dimasyarakat. Dengan diadakannya Pendidikan Agama Islam yang berbasis keagamaan yang dilaksanakan di Masjid Al Hidayah Perumahan Clodran Indah dapat membantu masyarakat untuk memiliki ilmu pengetahuan yang luas terutama dalam hal agama, bagi orang-orang atau masyarakat yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan secara formal (dibangku sekolah). Adapun permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah metode apa saja yang di gunakan dalam kajian ibu-ibu serta kendala apa saja dalam penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diselenggarakan Masjid. Dan yang menjadi objek penelitian ini adalah Us.ta.zah Perumahan Klodran Indah Colomadu, dengan jenis penelitian lapangan dan melalui pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan analisa data. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada ibu-ibu peserta kajian di Masjid Al Hidayah Perumahan Klodran Indah dan Mengetahui faktor-faktor kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam ada ibu-ibu peserta kajian Masjid Al Hidayah Perumahan Klodran Indah Colomadu. Dan dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, dalam penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam seorang Us.ta.zah yang memiliki kemampuan mengelolah, merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi, sehingga tercapai visi misi dan tujuan dari takmir dalam kajian, yang nantinya dapat menjadikan Masjid Al Hidayah dan kajiannya lebih bermutu maju dan berkembang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2015 01:39
Last Modified: 19 Oct 2021 14:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32394

Actions (login required)

View Item View Item