Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Ibadah Bagi Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 14 Danukusuman Serengan Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Muru’ah, Fitriawati and , Dr. Badaruddin, M.Ag. and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2014) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Ibadah Bagi Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 14 Danukusuman Serengan Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
9r. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9rrr. Naskah Artikel Publikasi.pdf

Download (510kB)

Abstract

Shalat merupakan ibadah pertama yang diwajibkan setelah mengucapkan syahadat dan amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Dalam Pendidikan Agama Islam, shalat merupakan materi pelajaran yang masuk di dalam ruang lingkup Ibadah. Melihat pentingnya shalat bagi seorang muslim, dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan upaya agar materi tersebut bisa diterima oleh peserta didik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah penggunaan metode yang tepat. Terdapat banyak metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, namun tidak semua metode tepat digunakan untuk menyampaikan materi ibadah khususnya shalat. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode demonstrasi dengan menimbang beberapa faktor yang mendukung pemilihan metode tersebut. Berdasarkan uraian di atas, dibuat suatu rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Ibadah materi shalat di SD Muhammadiyah 14 Danukusuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan metode demonstrasi serta menguraikan faktor yang mendukung maupun yang menghambat pelaksanaannya. Manfaat penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran bagi guru dalam meningkatkan metode demonstrasi dalam pembelajaran Ibadah khususnya di SD Muhammadiyah 14 Danukusuman serta memberikan ketrampilan, pengetahuan dan wawasan khususnya mengenai pentingnya penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Ibadah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekkunder. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi dengan teori. 3) Keberhasilan dalam pembelajaran tak terlepas dari kemampuan guru menguasai dan mengelola kelas dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Ibadah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Mar 2015 06:37
Last Modified: 19 Oct 2021 14:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32387

Actions (login required)

View Item View Item