Evaluasi Proses Pelayanan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Dengan Pendekatan Ergonomi Makro (Studi Kasus : Perusahaan Daerah Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen)

Nafisah, Sayyidatun and , Ratnanto Fitriadi, ST., MT and , Ida Nursanti, ST., M.Eng.Sc (2014) Evaluasi Proses Pelayanan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Dengan Pendekatan Ergonomi Makro (Studi Kasus : Perusahaan Daerah Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (334kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)

Abstract

Air merupakan kebutuhan penting bagi kelanjutan hidup manusia, oleh karena itu air harus tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai. Sistem penyediaan air perpipaan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sebagai salah satu unit usaha milik daerah, PDAM memiliki tugas untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat umum dalam hal mendistribusikan air bersih. Kepuasan dalam pelayanan pelanggan menjadi hal penting yang diprioritaskan PDAM. Agar dapat mencapai pelayanan pelanggan yang optimal, sesuai dengan keinginan pelanggan serta sesuai dengan aturan pemerintah pusat, perlu diadakan kajian yang luas. Ergonomi makro memiliki kajian yang luas, meliputi struktur organisasi dan interaksi antar orang yang ada di dalam organisasi serta aspek motivasi dari pekerja. Dengan menggunakan pendekatan ergonomi makro untuk mengevaluasi proses pelayanan pelanggan di PDAM Tirto Negoro kabupaten Sragen, akhirnya ditemukan beberapa permasalahan yang dianggap berdampak besar pada proses pelayanan pelanggan, diantaranya: banyaknya keluhan kebocoran air, keruhnya air di daerah-daerah ujung, ketidak akuratan pembacaan meteran dan terjadinya kehilangan air. Diadakannya penyuluhan deteksi kebocoran pipa dalam rumah sejak dini dan gerakan hemat air diharapkan dapat mengurangi keluhan dan kerugian akibat kebocoran air. Selain itu dengan menjadwalkan flushing secara rutin dua minggu sekali, pelatihan pembacaan meteran air dan memaksimalkan penggunaan hand terminal, serta diadakan monitoring lapangan dan perawatan peremajaan pipa distribusi diharapkan dapat mengendalikan variansi yang terjadi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PDAM, ergonomi makro, proses pelayanan
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Mar 2015 04:09
Last Modified: 18 Oct 2021 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32381

Actions (login required)

View Item View Item