Analisis Profitabilitas Usaha Pertenakan Sapi Potong Pada Kelompok Ternak Sapi Sido Maju (Studi Kasus : Desa Sukunan Banyuraden, Gamping, Selman, Yogyakarta

Yunanto, Dani and , Muclison Anis, S.T., M.T. and , Ratnanto Fitriadi, ST., MT (2014) Analisis Profitabilitas Usaha Pertenakan Sapi Potong Pada Kelompok Ternak Sapi Sido Maju (Studi Kasus : Desa Sukunan Banyuraden, Gamping, Selman, Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (92MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman awal.pdf

Download (10MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Peternakan merupakan salah satu aktivitas maupun usaha manusia memelihara binatang dengan tujuan untuk dijual maupun disembelih dan dijual dagingnya . Usaha ternak sapi dapat dijadikan pekerjaan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Desa Sukunan Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta merupakan desa yang menjadi salah satu wisata desa bersih lingkungan.Akan tetapi penduduknya banyak yang berpencaharian sebagai peternak sapi. Mereka memelihara ternak di depan rumah mereka sehingga akan mempengaruhi lingkup lingkungan disekitarnya dan juga lingkup masyarakat yang tinggal disebelahnya. Oleh sebab itu maka terbentuk kelompok peternakan SIDO MAJU yang merupakan sebuah kelompok organisasi yang memelihara sapi dalam satu wilayah dimana nantinya sapi tersebut akan dijual sendiri-sendiri. Dalam memajukan usaha ternak tersebut perlu adanya analisis ekonomi dengan metode yang tepat. Analisis yang diperlukan untuk mengetahui bagaimana usaha sebuah peternakan yang layak dan menghasilkan profit yang menguntungkan. Studi kelayakan adalah kegiatan untuk menganalisis perencanaan bisnis maupun usaha yang akan dijalankan layak atau tidak layak. Oleh sebab itu studi kelayakan ini digunakan untuk menganalisis model-model alternatif yang dapat memberikan profit lebih menguntungkan pada peternak dengan metode-metode yaitu Net Present Value, Payback period, Internal Rate of Return dan Break Event Point. Serta analisis sensitivitas untuk mengetahui pengaruh terhadap kenaikan ekonomi. Analisis ini digunakan untuk identifikasi model alternatif yang mana dapat memberikan solusi kepada kelompok peternakan sapi SIDO MAJU tentang pemeliharaan sapi yang menguntungkan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa model alternatif yang menguntungkan adalah model alternatif pemeliharaan sapi bersama dengan keuntungan yang diperoleh peternak sebesar Rp26,786,850.75, sedangkan model alternatif pemeliharaan sendiri atau aktual yang terjadi, keuntungan peternak sebesar Rp26,594,185.00 dan alternatif pemeliharaan manajemen, keuntungan peternak sebesar Rp21,635,372.00. Meskipun dari model alternatif yang ditawarkan semuanya layak akan tetapi dalam kenaikan sensitivitas harga bahan pakan dari 2% hingga 15% , alternatif pemeliharaan bersama yang paling menguntungkan dibandingkan dengan alternatif aktual dan alternatif pemeliharaan oleh manajemen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peternakan, kelayakan, profit, sensitivitas
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:03
Last Modified: 18 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32374

Actions (login required)

View Item View Item