Perancangan Alat Bantu Kursi Roda Magnetis Dengan Metode QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus: YPAC Kota Surakarta)

SAHL, AHMAD and , Mila Faila Sufa, S.T., M.T. and , Ida Nursanti, ST., M.Eng.Sc (2014) Perancangan Alat Bantu Kursi Roda Magnetis Dengan Metode QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus: YPAC Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HAL DEPAN (COVER,PENGESAHAN,...ABSTRAK).pdf

Download (239kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

Penyandang cacat terdapat di semua bagian bumi. Jumlah penyandang cacat (defable) di Indonesia pun terbilang cukup besar yakni 2,8 juta. Salah satu peraturan tertulis yang menyatakan kesamaan para defable dengan masyarakat normal lainnya adalah Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997, pasal 1 (ayat 1) dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1998). Sehingga perlu adanya perhatian khusus terhadap defable agar memperoleh kesamaan dengan masyarakat pada umumnya. Diantaranya kesamaan akesbilitas pada fasilitas umum. Sebagai contoh, pada bandara, pusat perbelanjaan atau fasilitas umum lain banyak menggunakan escalator, namun escalator yang digunakan masih belum memperhatikan segi kenyamanan dan kemanan defable. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan alat bantu untuk penyandang cacat agar mereka dapat menaiki escalator dengan aman. Pada proses perancangan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) merupakan metode perancangan produk yang berisikan kriteria berasal dari Customer Needs dan diwujudkan dengan Technical Requirements, dan melalui beberapa fase untuk menyempurnakannya dimulai fase perancangan produk, fase pengembangan komponen, fase perencanaan proses dan fase perencanaan produksi. Perancangan alat ini dari tahap desain hingga tahap Prototype. Proses desain menggunakan software SolidWorks. Hasil penelitian ditemukan kriteria yang dibutuhkan oleh pelanggan berupa harga terjangkau (17,57%), memudahkan aksesbilitas (18,84%), tahan lama (16,93%), aman (21,72%), nilai pasar (8,3%) dan user friendly (16,61%). Dan gaya tambahan dengan bantuan magnet untuk menahan pengendara sebesar 68,032N (beserta safety factor). Material yang digunakan berupa Stainless Steel, sesuai kriteria alat bantu yang diinginkan oleh pelanggan, tahan karat dan kokoh. Melalui tahapan-tahapan diatas, perancangan alat bantu dapat membantu defable menaiki escalator dengan aman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Defable, SolidWorks, Quality Function Deployment (QFD)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Mar 2015 11:47
Last Modified: 18 Oct 2021 02:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32371

Actions (login required)

View Item View Item