Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Perspektif Metode Pembelajaran: Antara Discovery Learning Dengan Ceramah-Tanya Jawab Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015

KHASANAH, Erna Nur (2015) Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Perspektif Metode Pembelajaran: Antara Discovery Learning Dengan Ceramah-Tanya Jawab Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (694kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan metode discovery learning lebih baik dari pada menggunakan metode ceramah-tanya jawab pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif desain eksperimen Penelitian membandingkan dua metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran discovery learning dengan ceramah-tanya jawab. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu, Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Tehnik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan Tes yang berbentuk soal essay dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent sampel T-Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data untuk nilai postes discovery learning dan ceramahtanya jawab diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 7,331 > 1,994 dan probabilitas 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil IPS Terpadu yang menggunakan metode discovery learning dengan metode caramah-tanya jawab pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu. Dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen (discovery learning) sebesar 78.194 dan kelas kontrol ( ceramah dan tanya jawab) sebesar 67,986. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu siswa dengan menggunakan metode discovery learning lebih baik dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode caramah-tanya jawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode discovery learning, metode ceramah-tanya jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Mar 2015 07:33
Last Modified: 16 Mar 2015 07:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32357

Actions (login required)

View Item View Item