Perbedaan Pengentahuan Gizi, Asupan serat, dan Lemak antara Remaja Overweight dan tidak Overweight di Smk Batik 1 Surakarta

Wulandari, Novita Dwi and , Endang Nur W, S.St., M.Si.Med and , Rusdin Rauf, STP., MP (2014) Perbedaan Pengentahuan Gizi, Asupan serat, dan Lemak antara Remaja Overweight dan tidak Overweight di Smk Batik 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
halaman judul.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB 1.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Appendix)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Overweight merupakan akibat dari kelebihan lemak tubuh karena tidak adanya keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dan energi yang dikeluarkan. Pola makan remaja saat ini telah mengarah ke pemilihan makanan cepat saji yang mengandung tinggi kalori, tinggi lemak dan rendah serat. Makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu terjadinya overweight. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan gizi, asupan serat dan lemak antara remaja overweight dan tidak overweight di SMK Batik 1 Surakarta. Metode Penelitian : Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasional dengan pendekatan crossectional. Sampel yang digunakan adalah remaja di SMK Batik 1 Surakarta kelas X dan XI yang berstatus gizi overweight dan tidak overweight. Pengambilan sampel dengan cara stratified random sampling. Pengetahuan gizi diperoleh dengan cara pengisian kuesioner sedangkan asupan serat dan lemak menggunakan metode recall 3x 24 jam. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja overweight yaitu 60% dan tidak overweight yaitu 45% memilki pengetahuan gizi kategori cukup dengan p=0.262. Asupan serat remaja baik overweight maupun tidak overweight sama-sama mempunyai asupan serat kategori kurang yaitu sebesar 100% dengan p=1.000. Remaja overweight maupun tidak overweight sama-sama mempunyai asupan lemak kategori lebih yaitu masing-masing sebesar 70% dan 40% dengan p=0.108. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan pengetahuan gizi, asupan serat dan asupan lemak antara remaja overweight dan tidak overweight.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendahuluan : Overweight merupakan akibat dari kelebihan lemak tubuh karena tidak adanya keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dan energi yang dikeluarkan. Pola makan remaja saat ini telah mengarah ke pemilihan makanan cepat saji yang mengandung tinggi kalori, tinggi lemak dan rendah serat. Makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu terjadinya overweight. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan gizi, asupan serat dan lemak antara remaja overweight dan tidak overweight di SMK Batik 1 Surakarta. Metode Penelitian : Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasional dengan pendekatan crossectional. Sampel yang digunakan adalah remaja di SMK Batik 1 Surakarta kelas X dan XI yang berstatus gizi overweight dan tidak overweight. Pengambilan sampel dengan cara stratified random sampling. Pengetahuan gizi diperoleh dengan cara pengisian kuesioner sedangkan asupan serat dan lemak menggunakan metode recall 3x 24 jam. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja overweight yaitu 60% dan tidak overweight yaitu 45% memilki pengetahuan gizi kategori cukup dengan p=0.262. Asupan serat remaja baik overweight maupun tidak overweight sama-sama mempunyai asupan serat kategori kurang yaitu sebesar 100% dengan p=1.000. Remaja overweight maupun tidak overweight sama-sama mempunyai asupan lemak kategori lebih yaitu masing-masing sebesar 70% dan 40% dengan p=0.108. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan pengetahuan gizi, asupan serat dan asupan lemak antara remaja overweight dan tidak overweight.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2015 03:19
Last Modified: 09 Sep 2022 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32293

Actions (login required)

View Item View Item