Analisis Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun 2012

KARTIKA, VIKI and , Drs. Priyono, M.Si and , Dra. Umrotun, M.Si (2014) Analisis Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (670kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (926kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Analisis kualitas pendidikan sekolah dasar negeri di kecamatan Gemolong kabupaten Sragen tahun 2012’’ Latar belakang penelitian ini adalah Kualitas Sekolah merupakan salah satu sasaran dimana orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya. Cara mengetahui sekolah tersebut berkualitas atau tidak kita dapat melihat nilai UAN (Ujian Akhir Nasional) yang diperoleh sekolah tersebut dari tahun ke tahunnya. Kualitas sekolah menentukan bagaimana mutu sekolah tersebut. Tujuan penilitian ini adalah mengetahui pengaruh sarana dan prasarana terhadap kualitas sekolah di kecamatan Gemolong kabupaten Sragen dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pola persebaran gedung sekolah dasar negeri di kecamatan Gemolong kabupaten Sragen. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data skunder. Metode pengumpulan datanya dengan cara mengambil data sekunder yang diperoleh dari instansi-instansi yang terkait yang berhubungan dengan masalah dalam penelitian tersebut. Analisis geografi yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan keruangan. Tahap ini merupakan tahap pengelompokan dan penyusunan data yang sudah diperoleh dalam bentuk tabel. Pengolahan dan analisis data dilakukan pada setiap desa. Ketersediaan sarana sekolah dasar di kecamatan sudah mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan siswa, Seperti ketersediaan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), Perpustakaan dan Lapangan olah raga. Ketersediaan sarana sekolah dasar negeri di kecamatan Gemolong banyak yang tidak berpengaruh terhadap kualitas sekolah dasar negeri di kecamatan Gemolong. Hanya beberapa desa yang sarana sekolahnya berpengaruh terhadap kualitas sekolah, sedangkan desa yang sarana sekolahnya tidak berpengaruh terhadap kualitas sekolah berada di desa Ngembapadas, desa Kragilan, desa Brangkal, desa Jatibatur, desa Genengduwur dan desa Kalangan. Ketersediaan Prasarana sekolah di kecamatan Gemolong lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan kegiatan belajar untuk siswanya, ketersediaan jumlah guru pengajar dan jumlah ruang kelas yang di sediakan untuk kegiatan belajar mengajar lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Ketersediaan prasarana yang tersedia pada setiap desa berpengaruh terhadap kualitas sekolah pada setiap desa di kecamatan Gemolong. Dari 14 desa di kecamatan Gemolong terdapat 1 desa yang memiliki kualitas sekolah yang tinggi yaitu berada di desa Gemolong. Pola sebaran Gedung sekolah dasar negeri yang berada di kecamatan Gemolong dapat di ketahui bahwa pola penyebaran gedung sekolah dasar negeri berpola mengelompok dengan jumlah hasil hitungan T = 0,78

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sekolah, nilai UAN, sarana dan prasarana, persebaran gedung sekolah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 11 Mar 2015 08:57
Last Modified: 18 Oct 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32287

Actions (login required)

View Item View Item