Analisis Kondisi Fisik Wilayah Terhadap Pola Keruangan Lokasi Perumahan Kawasan Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta Di Kabupaten Sleman

Erwanasari, Citra Ayu (2014) Analisis Kondisi Fisik Wilayah Terhadap Pola Keruangan Lokasi Perumahan Kawasan Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta Di Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (763kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (404kB)

Abstract

Pertambahan penduduk yang terus meningkat mengindikasikan bahwa perkembangan penduduk menyebar ke arah pinggiran kota (sub-urban) sehingga sebagai konsekuensinya adalah terjadi perubahan penggunaan lahan akibat semakin bertambahnya pembangunan perumahan. Perumahan-perumahan tersebut semakin menjamur pada kecamatan aglomerasi karena memiliki akses transportasi dan komunikasi yang baik. Persebaran perumahan yang dibangun dari tahun 2002 hingga 2012 di Kawasan APY Kabupaten Sleman menampilkan pola-pola keruangan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pola sebaran lokasi perumahan, 2) mengetahui faktor-faktor fisik yang mempengaruhi pemilihan lokasi perumahan, dan 3) mengkaji pengaruh kondisi fisik wilayah pada masingmasing pola keruangan perumahan dan kesesuaian dengan RTRW setempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei lapangan dan analisis tetangga terdekat untuk mengetahui pola keruangan lokasi perumahan, buffering, dan overlay beberapa peta untuk mendapatkan kesesuaian dengan RTRW. Berdasarkan hasil analisis penelitian, pola sebaran perumahan di daerah penelitian cenderung membentuk pola mengelompok, faktor lokasi yang paling menentukan adalah aksesibilitas, dan sebanyak 92,3% perumahan sesuai dengan lokasi yang ditetapkan dalam RTRW Kabupaten Sleman Tahun 2009-2028.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola keruangan, perumahan, aglomerasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 11 Mar 2015 08:13
Last Modified: 11 Mar 2015 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32283

Actions (login required)

View Item View Item