Analisis Pertumbuhan Penduduk Terhadap Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Sosial Ekonomi Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008 Dan 2012

KARTIKAWATI, RATNA (2014) Analisis Pertumbuhan Penduduk Terhadap Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Sosial Ekonomi Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008 Dan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Haklaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (800kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) Mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk di Kecamatan Kartasura tahun 2008 dan 2012.(2) Mengetahui faktor demografi yang paling berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan penduduk di kecamatan Kartasura (3) Mengetahui pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap ketersediaan fasilitas kesehatan, pendidikan, dan ekonomi di Kecamatan Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data sekunder, data sekunder diambil dari instansi-instansi yang terkait dengan penelitian ini. Data sekunder yang digunakan merupakan data time series dengan perbandingan tahun yaitu dari tahun 2008 dan 2012. Penentuan daerah penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo yang memiliki 12 desa yaitu Desa Ngemplak, Desa Gumpang, Desa Makamhaji, Desa Pabelan, Desa Ngadirejo, Desa Kartasura, Desa Pucangan, Desa Kertonatan, Desa Wirogunan, Desa Ngabeyan, Desa Singopuran, dan Desa Gonilan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan unit analisis terkecil wilayah desa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pertumbuhan penduduk di Kecamatan Kartasura tahun 2008 dan 2012.Tingkat pertumbuhan penduduk dengan nilai klasifikasi tinggi berada di Desa Ngemplak, Gumpang, Pucangan. Pertumbuhan penduduk dengan nilai klasifikasi sedang berada di Desa Kertonatan, Wiragunan, Singopuran, Gonilan. Pertumbuhan penduduk dengan klasifikasi rendah berada di Desa Makamhaji, Pabelan, Ngadirejo, Kartasura, dan Ngabeyan. Pertumbuhan penduduk yang terjadi di Kecamatan Kartasura tahun 2008 dan 2012 masuk dalam kategori sedang dengan memiliki nilai pertumbuhan sebesar 0,85 %. Faktor demografi yang paling berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan penduduk di kecamatan Kartasura pertumbuhan penduduk dikarenakan oleh tiga faktor yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi.Nilai angka kematian meningkat maka dapat mengurangi jumlah penduduk sehingga pertumbuhan penduduk yang terjadi di daerah penelitian dalam kategori sedang. Faktor yang paling mempengaruhi tingkat pertumbuhan penduduk di Kecamatan Kartasura pada tahun 2008 dan 2012 adalah faktor kematian. Hubungan antara pertumbuhan penduduk pada tahun 2008 terhadap masing-masing fasilitas sosial ekonomi didapatkan nilai korelasi R pertumbuhan penduduk terhadap fasilitas kesehatan dengan nilai R ( 0,380 ),fasilitas pendidikan dengan nilai R ( 0,452) dan fasilitas ekonomi dengan nilai R ( 0, 543).Pada tahun 2012 didapatkan nilai korelasi R pertumbuhan penduduk terhadap fasilitas kesehatan dengan nilai R ( 0,412 ),fasilitas pendidikan dengan nilai R ( 0,503) dan fasilitas ekonomi dengan nilai R ( 0, 599).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan penduduk, fasilitas kesehatan, pendidikan, dan ekonomi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 11 Mar 2015 08:02
Last Modified: 11 Mar 2015 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32280

Actions (login required)

View Item View Item