Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pola Asuh Anak Usia Bayi (Infant) Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura

Salafiah, Nurul and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes. and , Dewi Suryandari S.Kep., Ns (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pola Asuh Anak Usia Bayi (Infant) Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
halaman depan.pdf

Download (15MB)
[img] PDF (Chapter I)
bab i.pdf

Download (15MB)
[img] PDF (Chapter II)
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Chapter III)
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Chapter IV)
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Chapter V)
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Chapter VI)
bab vi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (References)
daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Appendix)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
naskah publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa bayi (infant) adalah masa awal kelahiran sampai usia 1,5 tahun dan masa keemasan sekaligus masa kritis perkembangan seseorang. Pada masa tersebut bayi sangat memerlukan adaptasi dan peran seorang ibu. Kesulitan adaptasi akan menyebabkan keterlambatan perkembangan. Pendidikan kesehatan merupakan program kesehatan yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu tentang pola asuh bayi. Menurut data dari Dinas Kesehatan Sukoharjo (2013) jumlah bayi di Kabupaten Sukoharjo pada bulan Januari sampai Desember sebanyak 14.324 jiwa dan Kecamatan Kartasura sebanyak 1.771 jiwa. Berdasarkan survei pendahuluan 10 ibu yang diwawancarai 6 diantaranya tidak mengetahui tentang pola asuh anak usia bayi dan 9 ibu yang diwawancarai 5 diantaranya mengatakan ketika bayi menangis tidak segera menggendongnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang pola asuh anak usia bayi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang mempunyai anak usia 0-1,5 tahun dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 30 responden kelompok eksperimen dan 30 responden kelompok kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Gutman dan Likert. Analisis data menggunakan uji independent t-test dan uji paired test. Hasil uji beda pengaruh pendidikan kesehatan mengenai pengetahuan diperoleh nilai p-value sebesar 0.001 dan mengenai sikap diperoleh hasil p-value sebesar 0.001 yang artinya nilai p-value kurang dari 0,05 dan Ho ditolak atau Ha diterima. Berdasarkan hasil nilai uji diatas dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang pola asuh anak usia bayi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, pola asuh bayi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2015 06:56
Last Modified: 29 Apr 2016 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32273

Actions (login required)

View Item View Item