Hubungan Dukungan Keluarga Dan Peran Kader Dengan Keaktifan Lanjut Usia Dalam Mengikuti Kegiatan Di Posyandu Desa Pucangan Kartasura

Hikmawati, Nisa Nur Laela and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes and , Wiwik Setiyawati, S.Kep., Ns (2014) Hubungan Dukungan Keluarga Dan Peran Kader Dengan Keaktifan Lanjut Usia Dalam Mengikuti Kegiatan Di Posyandu Desa Pucangan Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
3_Halaman Depan.pdf

Download (572kB)
[img] PDF (Chapter I)
4_Bab 1.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Chapter II)
5_Bab duaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Chapter III)
6_bab tiga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Chapter IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Chapter V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Chapter VI)
9_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Reference)
10_Daf Pust.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Appendix)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
2_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (500kB)

Abstract

Posyandu lansia berfungsi untuk mempertahankan kesehatan fisik tetap bugar, kesehatan rekreasi tetap terpelihara dan dapat menyalurkan minat dan bakat untuk mengisi waktu luang. Kegiatan posyandu lansia memberi kemudahan dalam pelayanan kesehatan dasar, sehingga kualitas hidup tetap terjaga dengan baik dan optimal. Dilihat dari keaktifan kader dari sejumlah 12 orang, berdasarkan pengamatan hadir rata-rata hanya 4 orang dari 12 orang, hal ini menunjukkan bahwa peran kader kurang maksimal sehingga berdampak pada kurang aktifnya lansia dalam mengikuti posyandu lansia. Di samping itu dari sejumlah lansia yang ada, masih ada beberapa lansia yang enggan mengikuti kegiatan posyandu dengan alasan tidak adanya keluarga yang mengantarkan dan keluarga kurang mendukung karena kesibukan kerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan peran kader dengan keaktifan Lanjut Usia dalam mengikuti kegiatan posyandu. Metode penelitiaan yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Populasi lansia di desa Pucangan Kartasura sebanyak 393 orang, diambil sampel sebanyak 80 orang yang berasal dari 7 Posyandu dengan teknik multistage sampling. Variabel independen berupa dukungan keluarga dan peran kader sedangkan variabel dependen keaktifan lansia, instrumen yang digunakan dengan kuesioner. Teknik analisis data dengan analisis Chi-Square (X2). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar lanjut usia mempunyai dukungan keluarga baik, mereka merasa peran kader baik, sebagian besar aktif mengikuti posyandu, dan ada hubungan yang signifikan antara peran kader dan dukungan keluarga dengan keaktifan lanjut usia dalam mengikuti kegiatan di Posyandu Lansia Desa Pucangan Kartasura dengan nilai X1 2 hit = 6,389; p = 0,014 < 0,05 dan χ2 2 hit = 13,605; p = 0,0001), semakin baik peran kader dan dukungan keluarga maka semakin aktif pula keaktifan lanjut usia dalam mengikuti kegiatan di Posyandu. Disarankan bagi lansia agar lebih aktif untuk mengikuti kegiatan di Posyandu tidak hanya pada waktu ada pemeriksaan kesehatan namun juga pada jadwal yang ada kegiatan di posyandu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga, peran kader, keaktifan lanjut usia mengikuti kegiatan posyandu.. xv
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2015 06:43
Last Modified: 17 Oct 2021 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32272

Actions (login required)

View Item View Item