Efektifitas Penurunan Suhu Tubuh Antara Kompres Hangat Dan Water Tepid Sponge Pada Pasien Anak Usia 6 Bulan - 3 Tahun Dengan Demam Di Puskesmas Kartasura Sukuharjo

Isneini, Memed and , Irdawati S. Kep., Ns, Msi. Med. (2014) Efektifitas Penurunan Suhu Tubuh Antara Kompres Hangat Dan Water Tepid Sponge Pada Pasien Anak Usia 6 Bulan - 3 Tahun Dengan Demam Di Puskesmas Kartasura Sukuharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (832kB)
[img] PDF (Chapter I)
4. BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Chapter II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Chapter III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Chapter IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Chapter V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Chapter VI)
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (References)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Appendix)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] PDF (Manuscript publication)
2. NASKAH PUBLIKASI FUL TEX.pdf

Download (991kB)

Abstract

Demam adalah peningkatan suhu tubuh yang berhubungan dengan ketidakmampuan tubuh untuk menghilangkan panas atupun mengurangi produksi panas disebut hipertermia. Data yang didapat dari Puskesmas Kartasura Sukoharjo didapat jumlah pasien demam dalam kurung waktu 1 tahun ini adalah 209 anak, pada bulan januari 2014 sendiri sebanyak 16 pasien. Menurunkan suhu tubuh pada pasien demam ini, perawat perlu memberikan dua terapi yaitu kompres hangat dan kompres water tepid sponge. Kompres hangat adalah sepotong balutan kasa yang dilembabkan dengan cairan hangat yang telah diprogramkan dimana tujuannya adalah untuk menurunkan suhu tubuh. Kompres tepid sponge adalah sebuah teknik kompres hangat yang menggabungkan teknik kompres blok pada pembuluh darah supervisial dengan teknik seka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penurunan suhu tubuh antara kompres hangat dan water tepid sponge pada anak usia 6 bulan- 3 tahun dengan demam di Puskesmas Kartasura Sukoharjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Pree eksperimental dengan rancangan penelitian Two Group Pretest And Posttest Design. Populasi penelitian adalah pasien yang mengalami demam usia 6 bulan- 3 tahun di Puskesmas Kartasura Sukoharjo yang berjumlah 16 pasien, dan untuk sampel penelitian yaitu 14 responden untuk kedua kelompok perlakuan penelitian ini menggunakan teknik sampling accidental sampling. Instrument penelitian berupa Termometer ( suhu dan air), washlap, air hangat, dan lembar observasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Independent T-Test. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu lebih efektif kompres water tepid sponge dalam menurunkan suhu tubuh anak demam, dibandingkan dengan metode kompres hangat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demam, Suhu tubuh, Kompres Hangat, Kompres Water tepid sponge
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2015 03:35
Last Modified: 17 Oct 2021 07:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32263

Actions (login required)

View Item View Item