PEMIKIRAN PROF. DR. AZYUMARDI AZRA TENTANG DEMOKRATISASI PENDIDIKAN ISLAM

ISTANTO, ISTANTO (2009) PEMIKIRAN PROF. DR. AZYUMARDI AZRA TENTANG DEMOKRATISASI PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000050007.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
G000050007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)

Abstract

Tujuan pokok yang utama dari pendidikan Islam adalah mengantarkan peserta didik agar mampu menjawab tantangan zaman yang timbul dalam kehidupan sosial sebagai konsekuensi logis dari perubahan peradapannya. Pendidikan dan demokratisasi mempunyai hubungan yang sangat erat. Karena pendidikan berperan sangat setrategis dan krusial dalam mendukung pembentukan masyarakat demokratis berkeadapan. Peran pendidikan adalah mempersiapkan anak bangsa baik secara individual maupun sosial, agar memiliki kemampuan, ketrampilan, etos kerja dan motivasi untuk beradaptasi aktif dalam aktualisasi dan institusionalisasi masyarakat madani. Azyumardi Azra adalah salah satu tokoh intelektual, sejarawan Islam yang sangat produktif dalam melahirkan tulisan/buku. Bahasan tentang paradigma baru pendidikan nasional rekonstruksi dan demokrasi menguraikan tentang rekonstruksi pendidikan Islam dan demokratisasi pendidikan Islam. Penelitian ini akan menjawab dua permasalahan yaitu sebagai berikut: bagaimanakan pemikiran Azyumardi Azra tentang demokratisasi pendidikan Islam? Bagaimanakah ciri-ciri pendidikan Islam yang demokratis menurut pemikiran Azyumardi Azra? Apa implikasi dari demokratisasi Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan pemikiran Prof.Dr Azyumardi Azra tentang demokratisasi pendidikan Islam. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi ciri-ciri pendidikan Islam yang demokratis. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah semakin memperkaya khasanah pemikiran keislaman, dapat menjadi stimulus bagi penelitian selanjutnya, sehingga proses pengkajian secara mendalam akan terus berlangsung. Bermanfaat bagi masyarakat umum, sehingga mampu menumbuhkan kepedulian terhadap pendidikan pada umumnya dan demokratisasi pendidikan Islam pada khususnya. Untuk mencapai tujuan diatas, metode yang digunakan adalah dokumentasi dan analisis data dengan analisis isi atau content analysis, yaitu suatu teknik penelitian untuk membantu inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan shahih serta dengan memperhatikan konteksnya. Peneliti menemukan pemikiran Azra tentang dua hal, yaitu Demokratisasi Pendidikan Islam dan ciri-cirinya. Azra mengemukakan bahwa Demokrasi adalah pendidikan hati nurani, proses menuju demokrasi pendidikan Islam. Artinya lebih menghargai potensi manusia. Selanjutnya, ciri-ciri pendidikan Islam yang demokratis menurutnya adalah adanya kurikulum yang dinamis, perubahan paradigma pendidikan Islam dan sinkronisasi antara lembaga-lembaga pendidikan Islam dengan lingkungan masyarakat. Selain itu implikasi dari rekonstruksi yang perlu dilakukan menurut Azra adalah reformulasi, merumuskan kembali tentang ilmu-ilmu Islam dan perumusan kembali makna pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: demokratisasi pendidikan, ciri-ciri pendidikan Islam, Azyumardi Azra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jun 2009 08:45
Last Modified: 28 Oct 2011 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item