Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah Dengue Masyarakat Desa Bulurejo

Anshori, Rizal and , H.M. Abi Muhlisin, SKM., M.Kep. and , Dwi Handoyo, S. Kep. (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah Dengue Masyarakat Desa Bulurejo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (306kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih banyak terjadi di Indonesia. Penyakit ini dapat menyerang semua orang dari balita hingga orang tua. Untuk melakukan pencegahan penyakit DBD dapat dilakukan dengan pengurasan bak mandi, penutupan baik air dan cara pembungan sampah dengan benar. Namun untuk melakukan pencegahan dibutuhkan pengetahuan yang baik. Cara untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku yang baik dapat dilakukan dengan pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan demam berdarah dengue masyarakat Desa Bulurejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rancangan One Group Pre Test and Post Test Design. Sampel penelitian berjumlah 35 orang di Desa Bulurejo dengan teknik simple random Sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner pengetahuan tentang penyakit DBD dan dan lembar cek list pengurasan bak mandi, penutupan bak air dan cara membuang sampah. Alat analisis penelitian menggunakan uji komparatif. Hasil penelitian diketahui pre test dan post test pengetahuan responden banyak pada pengetahuan yang sedang.perilaku pengurasan bak mandi pada pre test banyak yang buruk (68,2%) dan menjadi baik pada post test (74,3%). Penutupan bak air pada pre test banyak yang buruk (62,9%) dan post test menjadi baik (62,9%). Cara pembuangan sampah pada pre test masih buruk (51,4%) dan sudah baik pada post test sebesar 77,1%. Hasil uji statistik pre test post test pada variabel pengetahuan, perilaku pengurasan bak mandi, penutupan baik air dan cara membuang sampah diperoleh nilai p<0,05. Kesimpulan adalah ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan demam berdarah dengue masyarakat Desa Bulurejo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku, Pencegahan, Demam Berdarah Dengue
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 08:42
Last Modified: 27 May 2016 07:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item