Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Difabel

Putra, Renaldhi Ardhian and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2014) Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Difabel. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan penyesuaian diri pada remaja difabel. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu ada hubungan positif antara penerimaan diri dengan penyesuaian diri pada remaja difabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 32 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penerimaan diri yang berjumlah 56 aitem dan skala penyesuaian diri berjumlah 34 aitem. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0, 983 ; p = 0,000 (p < 0,05), sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Artinya bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penerimaan diri dengan penyesuaian diri. Sumbangan efektif antara penerimaan diri dengan penyesuaian diri menunjukkan bahwa koefisien determinan (r2) sebesar 0, 967, sehingga variabel penerimaan diri memberikan sumbangan efektif sebesar 96,7% dalam mempengaruhi penyesuaian diri remaja difabel, sedangkan sisanya 3,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penerimaan diri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Diri, Penyesuaian Diri, Remaja Difabel
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:56
Last Modified: 20 Oct 2021 01:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32243

Actions (login required)

View Item View Item