Terorisme Islam Dalam Film Traitor, The Kingdom, dan From Paris With Love (Analisis Isi Kuantitatif Terorisme Islam Dalam Film Traitor, The Kingdom, dan From Paris With Love)

Rahmantiyo, Masagung and , Drs. Ahmad Mohibbin, M. Si (2014) Terorisme Islam Dalam Film Traitor, The Kingdom, dan From Paris With Love (Analisis Isi Kuantitatif Terorisme Islam Dalam Film Traitor, The Kingdom, dan From Paris With Love). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Manuscript publication)
02 Naskah Publikasi.pdf

Download (455kB)
[img] PDF (Front page)
03 Halaman Depan.pdf

Download (678kB)
[img] PDF (Chapter I)
04 Bab I.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (Chapter II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] PDF (Chapter III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Chapter IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (References)
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Film merupakan penyampaian pesan lewat media gambar bergerak yang digabung dengan suara atau audio, sehingga tercipta gerakan-gerakan yang hidup. Film juga sebagai bentuk media hiburan yang populer, bahkan dengan film mereka dapat melihat sosok idola yang mereka inginkan. Banyak dampak positif yang ditimbulkan dalam film, film mengajarkan manusia mengenai sejarah, ilmu pengetahuan, dan tingkah laku manusia. Namun juga tak jarang sebuah film dapat menimbulkan dampak negatif bagi penontonnya seperti tayangan kekerasan dalam film, yang akan dapat menimbulkan perubahan sikap terhadap penontonnya. Dalam mengangkat sebuah cerita film, tak jarang kita menemukan cerita yang berlatar belakang sejarah atau kejadian yang menjadi perhatian dunia. Seperti peristiwa 11 September 2001 digedung World Trade Center (WTC), pada waktu itu gedung World Trade Center (WTC) mendapat serangan kelompok militan Islam Al-Qaeda, di mana mereka menabrakan pesawat jet penumpang ke gedung kembar tersebut. Banyak korban jiwa atas kejadian tersebut, dan peristiwa tersebut mendapatkan kecaman dari masyarakat dunia khususnya warga Amerika Serikat. Penelitian bertujuan untuk Terorisme Islam Dalam Film Traitor, The Kingdom, dan From Paris With Love. Penelitian ini menggunakan penelitian analisis isi kuantitatif. Secara umum, analisis isi kuantitatif dapat didefinisikan sebagai suatu teknik penelitian ilmiah yang ditujukan untuk mengetahui gambaran karakteristik isi dan menarik inferensi dari isi. Analisis isi ditujukan untuk mengidentifikasi secara sistematis isi komunikasi yang tampak (manifest), dan dilakukan secara objektif, valid, reliabel, dan dapat direplikasi. (Eriyanto, 2011: 15) Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terorisme Islam dalam film Traitor, The Kingdom, dan From Paris With Love di tunjukan dalam variabel atribut Islam dengan Pakaian sebanyak 26% atau 25 variabel dari keseluruhan film serta di dukung tata kamera medium shot sebagai penjelas untuk menunjukan variabel pakaian tersebut sebanyak 50 variabel atau sebanyak 58% Jadi, dapat di simpulkan dalam film terorisme tersebut untuk menunjukan pelaku terorisme mereka lebih menggambarkan pada pakaian yang di kenakan untuk menunjukan pelaku terorisme.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film, Terorisme, dan Analisis Isi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 02:58
Last Modified: 18 Oct 2021 22:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item