Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan Penyesuaian sosial pada mahasiswa baru universitas Muhammadiyah surakarta tahun akademik 2013

Setyaningsih, Heti and , Dra. Zahrotul Uyun, M. Si, Psi (2014) Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan Penyesuaian sosial pada mahasiswa baru universitas Muhammadiyah surakarta tahun akademik 2013. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (830kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
04. BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab 2)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab 3)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab 4)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab 5)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswabaru berada di lingkungan yang baru yaitu lingkungan kampus. Mereka diharapkan memiliki penyesuaian sosial yang baik di lingkungan kampusnya. Mahasiswa yang memiliki penyesuaian sosial yang baik mampu menyesuaikan antara tuntutan diri sendiri dengan tuntutan lingkungan. Tuntutan di lingkungan teman sebaya berupa persaingan life style, status sosial, kepemilikan lawan jenis, tingkat intelektualitas, perbedaan kepribadian (ekstrovert dan introvert). Penerimaan dan penolakan dari teman sebaya sangat mempengaruhi sikap dan tingkah laku remaja. Oleh karena itu penyesuaian sosial yang baik sangat diperlukan agar mahasiswa baru dapat diterima oleh teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada mahasiswa baru universitas muhammadiyah surakarta tahun akademik 2013. Hipotesis yang diajukan yaitu: Ada hubungan positif antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada mahasiswa baru universitas muhammadiyah surakarta tahun akademik 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun akademik 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yaitu melakukan random pada fakultas yang akan dikenai penelitian, sehingga terpilihlah 4 fakultas dengan jumlah subjek 100 orang. Karakteristik sampelnya adalah mahasiswa baru UMS angkatan 2013 yang berusia 18-21 tahun.Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar0,784 dengan p = 0,000 (p ≤ 0,01)artinya ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian sosial. Hasil menunjukkan hipotesis diterima. Sumbangan efektif variabel dukungan teman sebaya terhadap penyesuaian sosial sebesar 61,5% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r²) = 0,615. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa penyesuaian sosial juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dukungan teman sebayayaitu sebesar 38,5%. Rerata empirik variabel dukungan teman sebaya sebesar 114,66 dan rerata hipotetik sebesar 87,5 yang berarti dukungan teman sebaya subjek tergolong tinggi. Rerata empirik penyesuaian sosial sebesar 115,42 dan rerata hipotetik sebesar 87,5 yang berarti penyesuaian sosial subjek tergolong tinggi pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dukungan Teman Sebaya, Penyesuaian Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Murtini Murtini Murtini
Date Deposited: 09 Mar 2015 07:44
Last Modified: 20 Oct 2021 01:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32207

Actions (login required)

View Item View Item