Tinjauan Kuat Lentur Pelat Beton Bertulangan Bambu Laminasi Diperkuat Dengan Kawat Galvanis Yang Dipasang Secara Menyilang

Riyanti, Lilik and , Basuki, S.T, M.T. (2014) Tinjauan Kuat Lentur Pelat Beton Bertulangan Bambu Laminasi Diperkuat Dengan Kawat Galvanis Yang Dipasang Secara Menyilang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. halaman depan.pdf

Download (867kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (503kB)

Abstract

Beton adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam struktur bangunan. Perkembangan beton yang sangat dikenal adalah ditemukannya kombinasi antara material beton dan baja yang digabungkan menjadi satu kesatuan konstruksi dan dikenal sebagai beton bertulang. Beton bertulang sebagai elemen pelat umumnya diberi tulangan memanjang (lentur) dan tulangan bagi. Tulangan lentur untuk menahan pembebanan momen lentur yang terjadi pada pelat, sedangkan tulangan bagi berfungsi untuk memperkuat kedudukan tulangan memanjang dan penahan retak beton akibat susut dan perbedaan suhu pada beton. Pada daerah tertentu harga tulangan baja sangat mahal. Oleh sebab itulah perlu diupayakan mencari alternatif baru pengganti tulangan baja pada beton. Adapun alternatif lain sebagai pengganti tulangan beton tersebut, diantaranya adalah bambu. Bambu yang digunakan sebagai tulangan bisa berupa bambu laminasi. Kekuatan bambu laminasi tersebut memiliki kekuatan yang hampir sama dengan baja sebagai struktur bangunan. Perencanaan beton dengan berdasarkan SNI 03-2834-2000 menghasilkan f’c = 21,24 MPa. Faktor air semen (f.a.s) yang digunakan adalah 0,5. Penelitian ini telah diketahui besarnya kuat lentur pelat beton bertulangan baja, pelat beton bertulangan bambu laminasi dan pelat beton bertulangan bambu laminasi dengan penambahan kawat yang dipasang menyilang, kenaikan momen lentur pelat beton bertulangan baja dengan pelat beton bertulangan bambu laminasi serta pelat beton bertulangan bambu lamiasi penambahan kawat yang dipasang menyilang dan perbandingan kuat lentur pelat beton bertulangan secara pengujian dengan kuat lentur maksimal pelat beton bertulang secara analisis. Dalam penelitian ini, bambu yang di buat laminasi berukuran lebar 2 cm dan tinggi 1,6 cm, kawat yang digunakan adalah kawat galvanis dengan ukuran ø 1,02 mm, ø 1, 29 mm dan ø 1,63 mm. Hasil dari penelitian ini didapatkan momen lentur maksimal pelat beton bertulangan baja biasa 5,175 kN.m, momen lentur maksimal pelat beton bertulangan bambu laminasi 5,771 kN.m, momen lentur maksimal pelat beton bertulangan bambu laminasi dengan kawat ø 1,02 mm 6,164 kN.m, momen lentur maksimal pelat beton bertulangan bambu laminasi dengan kawat ø 1,29 mm 6,458 kN.m, momen lentur maksimal pelat beton bertulangan bambu laminasi dengan kawat ø 1,63 mm 6,705 kN.m. Hasil momen lentur maksimal secara analisis pelat beton bertulang baja biasa 5,444 kN.m, momen lentur maksimal pelat beton bertulangan bambu laminasi 4,301 kN.m, momen lentur maksimal pelat bertulangan bambu laminasi dengan kawat ø 1,02 mm 4,398 kN.m, momen lentur maksimal pelat beton bertulang bambu laminasi dengan kawat ø 1,29 mm 4,360 kN.m, momen lentur maksimal pelat beton bertulang bambu dengan kawat ø 1,63 mm 4,432 kN.m.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bambu, Kawat, Momen lentur pelat, Pelat beton bertulang
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2015 03:34
Last Modified: 16 Oct 2021 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32178

Actions (login required)

View Item View Item