Hubungan Antara Asupan Karbohidrat, Protein Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Pondok Madrasah Aliyah Al Manshur Popongan, Tegalgondo, Klaten

Lustika, Fitria Nanda and , Rustiningsih, SKM., M.Kes and , Endang Nur W, S.St., M.Si.Med (2014) Hubungan Antara Asupan Karbohidrat, Protein Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Pondok Madrasah Aliyah Al Manshur Popongan, Tegalgondo, Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (917kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (732kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (622kB)

Abstract

Latar Belakang : Asupan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak berperan menyediakan energi bagi otak untuk bisa bekerja secara optimal. Kekurangan gizi pada masa remaja akan berdampak menurunnya aktifitas, sulit dalam memahami pelajararan sehingga dapat menurunkan prestasi belajar di sekolah. Terpenuhinya asupan karbohidrat dan protein sehingga siswa dapat memiliki status gizi normal, hal ini diharapkan siswa lebih mudah dalam berkonsentrasi dalam belajar dan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar disekolah. Tujuan : Mengetahui hubungan antara asupan karbohidrat, protein dan status gizi dengan prestasi belajar siswa di Pondok Madrasah Aliyah Al Manshur Popongan, Tegalgondo, Klaten. Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan pendekatan cross sectional.Data asupan karbohidrat, protein menggunakan recall 3x24 jam tidak berturut-turut, data status gizi menggunakan z-skor IMT/U dan data prestasi belajar menggunakan nilai rata-rata rapor semester genap tahun ajaran 2013/2014. Analisis hubungan data dengan menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil :Hasil penelitian menunjukkan karakteristik sampel pada siswa yaitu sebagian besar berjenis kelamin perempuan (77,3%), umur sampel sebagian besar 16 tahun (43,2%), Asupan karbohidrat sampel sebagian besar (59,1%) dalam kategori Asupan defisit, Asupan protein sampel sebagian besar (34,1%) dalam kategori asupan defisit, Status gizi sampel sebagian besar (81,8%) dalam kategori normal, prestasi belajar sampel sebagian besar (43,2%) dalam kategori Baik. Kesimpulan : Ada hubungan antara asupan karbohidrat dengan prestasi belajar siswa (p=0,016). Tidak ada hubungan antara asupan protein dengan prestasi belajar siswa (p=0,089). Tidak ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa (p=0,660)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asupan Karbohidrat, Asupan Protein, Status Gizi, Prestasi Belajar.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 06 Mar 2015 07:36
Last Modified: 09 Sep 2022 03:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32157

Actions (login required)

View Item View Item