Hubungan Pengetahuan Pasien Dan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Pelaksanaan Diet Rendah Garam Pada Pasien Hipertensi Di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen

Legowo, Isnain Agung and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes (2014) Hubungan Pengetahuan Pasien Dan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Pelaksanaan Diet Rendah Garam Pada Pasien Hipertensi Di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (770kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (654kB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang jumlah penderitanya setiap tahun selalu bertambah, termasuk di Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan tentang penyakit hipertensi, gaya hidup yang tidak sehat termasuk pola makan yang salah dan kurang olah raga. Dukungan keluarga dan motivasi dalam pelaksanaan diet rendah garam juga menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan pasien dan dukungan keluarga dengan motivasi pelaksanaan diet rendah garam pada pasien hipertensi di RSUD dr.Soehadi Prijonegoro Sragen. Metode penelitian: jenis dan rancangan penelitian ini adalah obsevasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sesuai kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 34 responden dengan tehnik pengambilan sequential random sampling. Pengumpulan data melalui wawancara dengan mengunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis hubunagn antar variabel yaitu uji Rank Spearman. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik (76.5%), dukungan keluarga yang cukup 67.6% dan motivasi pelaksanaan diet rendah garam yang baik 82.4%. Kesimpulan: Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan pasien dan dukungan keluarga dengan motivasi pelaksanaan diet rendah garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan pasien, dukungan keluarga dan motivasi pelaksanaan diet rendah garam
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 27 Feb 2015 08:22
Last Modified: 09 Sep 2022 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32136

Actions (login required)

View Item View Item