Hubungan Frekuensi Konsumsi Bahan Makanan Sumber Yodium Dengan Fungsi Kognitif Dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Penderita Gaky Di Sd Negeri Ngargoyoso 2 Kabupaten Karanganyar

Erlangga, Yoga Pratama and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes and , Endang Nur W, S.St., M.Si.Med (2014) Hubungan Frekuensi Konsumsi Bahan Makanan Sumber Yodium Dengan Fungsi Kognitif Dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Penderita Gaky Di Sd Negeri Ngargoyoso 2 Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (566kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (387kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

Pendahuluan : Prevalensi GAKY di SD Negeri 02 Ngargoyoso sebesar 43,18% (endemik berat). Pertumbuhan dan perkembangan anak yang teridentifikasi GAKY terhambat. Kondisi tersebut mengakibatkan IQ dan prestasi belajar lebih rendah dari anak normal, Hal ini disebabkan salah satunya adalah konsumsi bahan makanan sumber yodium rendah. Tujuan : Mengetahui hubungan antara konsumsi bahan makanan sumber yodium dengan fungsi kognitif dan prestasi belajar anak SD penderita GAKY di SD Negeri 02 Ngargoyoso Karanganyar. Metode Peneitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel GAKY 30 siswa sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Fungsi kognitif diukur menggunakan tes IQ metode CPM sedangkan prestasi belajar diambil dari nilai raport. Uji statistik menggunakan pearson product moment. Hasil Penelitian : Karakteristik umur responden yang terindentifikasi GAKY sebagian besar berumur 11 tahun sebanyak 14 orang (46,7%). Jenis kelamin responden yang teridentifikasi GAKY sebagian besar adalah laki-laki (56,7%). Frekuensi konsumsi bahan makanan sumber yodium responden yang teridentifikasi GAKY dengan kategori cukup (63,3%). Fungsi kognitif responden yang teridentifikasi GAKY sebagian besar di atas rata-rata (53,3%). Prestasi belajar responden yang teridentifikasi GAKY dengan kategori baik (60%). Hubungan konsumsi bahan makanan sumber yodium dengan fungsi kognitif dan prestasi belajar yang teridentifikasi GAKY memiliki nilai p yaitu p=0,254 dan p=0,961. Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara konsumsi bahan makanan sumber yodium dengan fungsi kognitif dan prestasi belajar anak SD penderita GAKY di SD Negeri 02 Ngargoyoso Karanganyar. Saran : Perlu dilakukan kajian lebih lanjut tentang faktor penyebab GAKY serta dilakukan kajian lebih lanjut faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi kognitif dan prestasi belajar siswa di daerah endemik berat selain dari status GAKY.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak SD, Frekuensi Konsumsi Bahan Makanan Sumber Yodium, Fungsi Kognitif, Prestasi Belajar, GAKY
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 27 Feb 2015 08:08
Last Modified: 07 Sep 2022 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32135

Actions (login required)

View Item View Item