Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada KAP di Surakarta Dan Semarang)

Daryanti, Daryanti and , Drs. Suyatmin, M.Si (2014) Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada KAP di Surakarta Dan Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (921kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, independensi dan profesionalisme auditor terhadap kualitas audit pada KAP di Surakarta dan Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Surakarta dan Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden. Metode pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,037 sehingga H1 diterima dengan taraf signifikansi (p < 0,05). Sedangkan variabel independensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,001 sehingga H2 diterima dengan taraf signifikansi (p < 0,05). Dan pada variabel profesionalisme auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,074 sehingga H3 ditolak dengan taraf signifikansi (p < 0,05). Hasil uji secara signifikan menunjukkan bahwa kompetensi dan independensi auditor berpengaruh terhadap kualitas audit akan tetapi profesionalisme auditor tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kompetensi dan independensi merupakan faktor dominan yang berpengaruh pada kualitas audit. Pengaruh yang ditimbulkan adalah positif, yaitu semakin tinggi tingkat kompetensi, indepedensi dan profesionalisme seorang auditor maka semakin tinggi kualitas hasil auditnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi auditor, independensi auditor, profesionalisme auditor dan kualitas audit
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2015 03:28
Last Modified: 18 Oct 2021 23:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32117

Actions (login required)

View Item View Item