Hubungan Persepsi Apoteker Terhadap Pelaksanaan Konseling Kepada Pasien dengan Evaluasi Pelaksanaan Konseling di Apotek-Apotek Kabupaten Magetan

Rangga, Rakih Yusma and , Anita Sukmawati, Ph.D., Apt and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2014) Hubungan Persepsi Apoteker Terhadap Pelaksanaan Konseling Kepada Pasien dengan Evaluasi Pelaksanaan Konseling di Apotek-Apotek Kabupaten Magetan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (411kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Pelaksanaan atau pemberian konseling kepada pasien adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian kepada pasien. Tujuan penelitian ini untuk meganalisis hubungan persepsi apoteker terhadap pelaksanaan konseling dengan evaluasi pelaksanaan konseling di apotek-apotek Kabupaten Magetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental. Dalam penelitian ini, data diambil dengan menggunakan cara penyebaran kuesioner kepada apoteker yang bersedia. Jumlah sampel 38 responden. Persepsi apoteker terhadap pelaksanaan konseling akan diukur dengan skala likert dan evaluasi pelaksanaan konseling diukur dengan skoring penilaian berdasarkan standar pelayanan kefarmasian. Data diolah dengan analisis chi-square (χ2). Hasil penelitian didapatkan bahwa 87,3% responden berpersepsi sangat mendukung terhadap pelaksanaan konseling kepada pasien. Hasil evaluasi menunjukkan dari 38 apoteker ada 65,78% menilai bahwa evaluasi pelaksanaan konseling keaktifan tergolong baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi apoteker terhadap pelaksanaan konseling kepada pasien dengan evaluasi pelaksanaan konseling di Apotek-apotek Kabupaten Magetan dengan (p < 0,05) dengan nilai nilai pearsin chi-square sebesar 22,27%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi apoteker, konseling pasien, evaluasi pelaksanaan konseling, apotekr.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2015 02:44
Last Modified: 16 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32112

Actions (login required)

View Item View Item