Korelasi Kandungan Fenolat dan Flavonoid Terhadap Aktivitas Penangkap Radikal Ekstrak Daun Kepel (Stelechocarpus Burahol ) dan Daun Jambu Biji (Psidium Guajava L. ) dengan Metode DPPH dan FTC

Rosalina, Anisa Nur and , Broto Santoso, M.Sc., Apt and , Dedi Hanwar, M.Si., Apt. (2014) Korelasi Kandungan Fenolat dan Flavonoid Terhadap Aktivitas Penangkap Radikal Ekstrak Daun Kepel (Stelechocarpus Burahol ) dan Daun Jambu Biji (Psidium Guajava L. ) dengan Metode DPPH dan FTC. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (451kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (322kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Daun kepel (Stelechocarpus burahol) dan Daun jambu biji (Psidium guajava L.) diketahui memiliki kandungan fenolat dan flavanoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan korelasi antioksidan dari ekstrak etanol daun kepel (EKP) dan daun jambu biji merah(EJB) dengan pembanding vitamin E. Pengukuran aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode 1,1-diphenyl-2-picryl-hydrazil (DPPH) dan Ferri (III) Thiocyanate(FTC), secara spektrofotometri. Penentuan kandungan fenolat total pada ekstrak menggunakan reagen Folin- Ciocalteu dengan standar asam galat dan dihitung sebagai Gallic Acid Equivalent (GAE) sedangkan flavonoid menggunakan alumunium klorida dengan standar quersetin dan dihitung sebagai Quercetin Equivalent (QE). Aktivitas antioksidan DPPH ekstrak etanol daun kepel memiliki nilai IC50 18,089 μg/mL, ekstrak etanol daun jambu biji memiliki nilai IC50 8,838 μg/mL dan vitamin E memiliki nilai IC50 sebesar 12,990 μg/mL. Penghambatan peroksidasi lipid daun kepel 40,831 % dan daun jambu biji 43,088 %, serta 82,725 % vitamin E. Kadar fenolat total daun jambu biji dan daun kepel berturut-turut adalah 267,272 GAE dan 143,125 GAE serta flavonoid sebesar 99,752 QE dan 186,66 QE. Korelasi yang dihasilkan antara kadar fenolat dengan aktivitas antioksidan mempunyai hubungan positif, tetapi dengan kadar flavonoid hubungannya kurang linier. Penghambatan peroksidasi antara kadar fenolat dan flavonoid masing-masing ekstrak tidak berkorelasi dengan % penghambatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DPPH, FTC, Fenolat dan Flavonoid, Daun Kepel (Stelechocarpus burahol ), Daun Jambu Biji (Psidium guajava L.).
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2015 02:36
Last Modified: 16 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32111

Actions (login required)

View Item View Item