Tingkat Kepatuhan Penggunaan Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Dr. Moewardi Pada Tahun 2014

Smantummkul, Chayanee (2014) Tingkat Kepatuhan Penggunaan Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Dr. Moewardi Pada Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (391kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (285kB)

Abstract

Hipertensi dikenal secara luas sebagai penyakit kardiovaskular dimana penderita memiliki tekanan darah diatas normal dan merupakan penyakit kronis yang perlu diterapi dengan tepat dan terus menerus. Salah satu penentu keberhasilan terapi adalah kepatuhan penggunaan obat oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan pasien hipertensi dalam menggunakan obat antihipertensi di RSUD Dr. Moewardi. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan yang bersifat prospektif dan dianalisis menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 89 pasien hipertensi rawat jalan di RSUD Dr. Moewardi yang melakukan kontrol dan mendapatkan terapi antihipertensi pada bulan Maret-April tahun 2014 dimana sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit hipertensi lebih banyak diderita oleh perempuan (55,05%) dan pada kategori usia 56-65 tahun (47,19%) . Terapi hipertensi yang banyak diberikan adalah golongan Diuretik (24,74%). Penilaian tingkat kepatuhan menunjukkan bahwa pasien yang tingkat kepatuhannya tinggi adalah sebesar 16,55%, sementara sebanyak 50,56% dan 32,58% pasien menunjukkan tingkat kepatuhan yang sedang dan rendah. Pengamatan yang singkat dan tidak terus menerus ini tidak bisa menggambarkan hubungan antara tingkat kepatuhan dengan keberhasilan penurunan tekanan darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Kepatuhan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 27 Feb 2015 02:23
Last Modified: 27 Feb 2015 02:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32110

Actions (login required)

View Item View Item