ANALISIS KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA YANG DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BEI(PERIODE TAHUN 2008- 2010)

Kurniawan, Ria Hendra (2014) ANALISIS KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA YANG DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BEI(PERIODE TAHUN 2008- 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (609kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan, rasioprofitabilitas, rasio leverage operasi, net profit margin berpengaruh terhadap perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan telah mempublikasikan laporan keuangan tahunan berakhir pada tanggal 31 Desember. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan purposive sampling dengan tujuan agar dapat diperoleh sampel yang terwakili. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan kriteria sebagai berikut : Sampel berasal dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan pada perusahaan manufaktur periode tahun 2008 sampai 2010.Laporan keuangan berakhir pada tanggal 31 Desember, karena dengan menggunakan akhir tahun fiskal yang sama, diharapkan dapat meningkatkan komparabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji Logistik diperoleh hasil nilai Negelkerke R 2 menunjukkan besarnya variabel X menjelaskan variabel Y. Adapun setelah dilakukan pengolahan data diketahui nilai Negelkerke R2 = 0,226 artinya, bahwa variabel Ukuran Perusahaan, profitabilitas, leverage dan NPM dapat menjelaskan perataan laba sebesar 22,6% sedangkan sisanya 77,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel-variabel tersebut. Hasil analisis regresi binary logistics menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan NPM adalah faktor-faktor yang tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas yang lebih besar dari 0,05 dari masing-masing variabel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ukuran perusahaan, rasio profitabilitas, leverage, net profit margin, perataan laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 26 Feb 2015 03:03
Last Modified: 26 Feb 2015 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32086

Actions (login required)

View Item View Item