Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012

Rustiadi, Mariam and , Drs. Agus Endro Suwarno, M.Si (2014) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (722kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan perbankan syariah jika dibandingkan dengan perbankan konvensional untuk masing-masing rasio keuangan dan menganalisisis kinerja perbankan syariah jika dibandingkan dengan perbankan konvensional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari ICMD dan wibside. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan syariat dan perbankan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2010-2012, perusahaan perbankan dipilih dengan menggunakan purposive sampling, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka didapatkan sampel 10 perusahaan perbankan syariah dan 30 perusahaan perbankan konvensional. Variabel yang digunakan yaitu rasio keuangan yang meliputi Capital Adequacy Ratio (mewakili rasio permodalan), Non Performing Loan (mewakili rasio kualitas aktiva produktif), Return on Asset dan Return on Equity (mewakili rasio rentabilitas), Beban Operasional dibagi Pendapatan Operasional (mewakili rasio efisiensi), dan Loan to Deposit Ratio(mewakili rasio likuiditas). Analisis data yang digunakan menggunakan uji statistik independent samplet-test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara keseluruhan dilihat dari kinerja yang diwakili oleh rata-rata rasio yang ada maka terdapat perbedaan yang signifikan antara perbankan syariah dengan perbankan konvensional, dan secara umum perbankan syariah mempunyai kinerja dilihar dari rasio tersebut lebih baik bila dibandingkan dengan rasio pada perbankan konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio keuangan, perbankan syariah, perbankan konvensional, kinerja.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2015 02:54
Last Modified: 18 Oct 2021 22:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32084

Actions (login required)

View Item View Item