Prestasi Belajar Antara Siswa Kelas Boarding School Dan Reguler (Studi Komparasi Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/ 2015)

Solekah, Siti and , Drs. Najmudin Zuhdi, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd. (2014) Prestasi Belajar Antara Siswa Kelas Boarding School Dan Reguler (Studi Komparasi Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/ 2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (959kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Dartar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (639kB)

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil akhir siswa setelah melakukan proses belajar- mengajar. Seperti yang diketahui selama ini, siswa yang di kelas reguler cenderung tidak disiplin dalam belajar di rumah, dibanding dengan siswa kelas boarding school yang semua jadwal belajar terjadwal dengan disiplin. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Apakah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa kelas boarding school dan reguler. Penelitian ini fokus untuk siswa-siswi kelas XI tahun pelajaran 2014/ 2015 di MAN 2 Surakarta untuk pelajaran Agama Islam. Penelitian dilakukan di MAN 2 Surakarta pada tanggal 6 Oktober s/d 31 Oktober 2014. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini di ambil dari kelas XI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Perbandingan Prestasi Belajar antara Siswa Kelas Boarding School dan Reguler: (1) Pelaksanaan pembelajaran kelas boarding school di MAN 2 Surakarta ini terdiri dari empat pilar, yaitu Rumah Tahfidz, Pembinaan Karakter Rosullullah, Orientasi PTN/ PTAIN, Islamic Interpreneur. Pembelajaran di dalam kelas metode pembelajaran yang digunakan guru sangat bervariasi, sering mengadakan diskusi disetiap pelajaran. Kelas regular terdapat perbedaan pada mata pelajaran dan gedung sekolahnya. Waktu belajarnya longgar, tidak terbimbing, kurang intensif, dan tidak terjadwal seperti di boarding school. (2) Upaya Guru Meningkatkan Prestasi. Guru memiliki antusias dalam mengajar, guru menggunakan metode pembelajaran yang sangat bervariasi, guru memberikan evaluasi, guru memberikan latihan-latihan soal kepada siswa sesuai materi yang diajarkan, guru memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa ketika siswa mengalami kesulitan, perbedaan Prestasi Belajar antara Siswa Kelas boarding school dan reguler. (3) Prestasi belajar Kelas boarding school lebih unggul dalam bidang akademik. Nilai Ujian Tengah Semester dikelas XI- A1 Boarding School, rata- rata 90, 5 dengan jumlah siswa delapan. Walaupun terdapat perbedaan prestasi akademiknya, bukan berarti kelas regular kurang bagus dari kelas boarding school. Semua memiliki nilai kelebihan dan kekurangan masing- masing. Nilai Ujian Tengah Semester dikelas XI- A1, rata- rata 80, 5 dengan jumlah siswa 21. (4) Faktor Pendukung dan Penghambat Pencapaian Prestasi Belajar antara Siswa Kelas Boarding School dan Reguler: 1. Faktor Internal, kesehatan, intelegensi, motivasi, cara Belajar. 2. Faktor External, keluarga, sekolah, masyarakat dan Lingkungan Sekitar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi siswa, Boarding School dan Reguler
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 25 Feb 2015 07:30
Last Modified: 18 Oct 2021 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32071

Actions (login required)

View Item View Item