Analisis Pengetahuan Dewan Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah (APDB) Dengan Akuntabilitas Dan Partisipasi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar)

Prasetya, Arif Budi and , Dra. Erma Setiawati, MM, C.A and , Shinta Permata Sari, SE. M.Si (2014) Analisis Pengetahuan Dewan Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah (APDB) Dengan Akuntabilitas Dan Partisipasi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (19MB)
[img] PDF (Bab I)
bab 1.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (308kB)

Abstract

Pengetahuan dewan tentang anggaran memiliki kontribusi besar terhadap pengawasan keuangan daerah (APBD), sehingga anggota dewan mampu memperluas pengetahuan mengenai anggaran agar dewan dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam pengawasan keuangan daerah (APBD). Tujuan penelitian ini: (1) Untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dewan terhadap pengawasan keuangan daerah (APBD); (2) Untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dewan terhadap pengawasan keuangan daerah (APBD) dengan akuntabilitas sebagai variabel moderating; (3) Untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dewan terhadap pengawasan keuangan daerah (APBD) dengan partisipasi masyarakat sebagai variable moderating. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh anggota dewan yang bekerja pada DPRD Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 45 dewan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel yang digunakan hanya sebanyak 28 yang memberikan respon. Data diperoleh dengan menyebarkan kuestioner kepada responden. Data yang terkumpul, dianalisis menggunakan regresi sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis hipotesis pertama, pengetahuan dewan berpengaruh terhadap pengawasan keuangan daerah yang ditunjukan nilai thitung(11,689) lebih besar daripada ttabel (2,084) atau dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,000 < = 0,05. Oleh karena itu H1 dalam penelitian ini terdukung secara statistik. Hipotesis kedua, pengetahuan dewan berpengaruh terhadap pengawasan keuangan daerah dengan akuntabilitas sebagai variabel moderating, yang ditunjukkan dari nilai thitung (-2,311) lebih besar daripada ttabel (-2,048) atau dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,303 <  = 0,05. Oleh karena itu H2 dalam penelitian initerdukung secara statistik. Hipotesis ketiga, pengetahuan dewan tidak berpengaruh terhadap pengawasan keuangan daerah dengan partisipasi masyarakat sebagai variabel moderating, yang ditunjukan dari nilai thitung (-1,250) lebih kecil daripada ttabel (2,048) atau dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,223 >  = 0,05. Oleh karena itu H3 dalam penelitian ini tidak terdukung secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dewan, pengawasan keuangan daerah, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2015 04:58
Last Modified: 18 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32063

Actions (login required)

View Item View Item