Analisis Perbandingan Prinsip, Sistem Dan Prosedur Pembiayaan Antara Bank Konvensional Dengan Bank Syariah (Studi Kasus BRI & BRI Syariah Daerah Surakarta)

Fitri, Nila Farsa (2014) Analisis Perbandingan Prinsip, Sistem Dan Prosedur Pembiayaan Antara Bank Konvensional Dengan Bank Syariah (Studi Kasus BRI & BRI Syariah Daerah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (593kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

Kegiatan utama lembaga perbankan, baik Bank Konvensional maupun Bank Syariah adalah menghimpun dana dan menyalurkan dana dalam bentuk kredit atau pembiayaan kepada masyarakat yang memerlukan dana, baik untuk investasi, modal kerja, maupun konsumsi. Salah satu sumber pendapatan bank, baik Bank Konvensional maupun Bank Syariah adalah dari penyaluran kredit atau pembiayaan, dimana keuntungan tersebut berupa selisih antara bunga, bagi hasil atau margin dari sumber-sumber dana dengan bunga, dan bagi hasil atau margin yang diterima dari alokasi dana tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membandingkan prinsip, sistem, penerapan prosedur pembiayaan kupedes dan pembiayaan mudharabah yang dilakukan oleh kedua bank tersebut apakah telah dilaksanakan sebagaimana mestinya dalam menentukan kriteria layak atau tidak layaknya nasabah menerima pembiayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Prinsip pembiayaan kupedes adalah umum, invidual, selektif, dan bisnis prinsip pembiayaan mudharabah adalah akad dan bebas bunga. Sedangkan sistem yang digunakan untuk pembiayaan kupedes adalah system bunga dan sistem yang digunakan pembiayaan mudharabah adalah bagi hasil atau nisbah. Sedangkan penerapan dalam melakukan pembiayaan kupedes yaitu pendaftaran kupedes, analisis dan evaluasi kupedes, penetapan tipe dan struktur kupedes, rekomendasi pemberian kupedes, pemberian keputusan kupedes, perjanjian dan pencairan kredit dan penerapan prosedur pembiayaan mudharabah adalah pemberian kredit dan pembiayaan selama penegakan kontrak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prinsip, sistem, prosedur, kupedes, mudharabah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Feb 2015 08:53
Last Modified: 25 Sep 2018 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32027

Actions (login required)

View Item View Item