Proses Penyelesaian Sengketa Hak Milik Atas Tanah Karena Hibah Terhadap Ahli Waris Yang Berhak Mendapatkan Harta Warisan (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Boyolali)

DEWANTARA, ARNANDA PANJI (2014) Proses Penyelesaian Sengketa Hak Milik Atas Tanah Karena Hibah Terhadap Ahli Waris Yang Berhak Mendapatkan Harta Warisan (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (290kB)
[img] PDF (Bab I)
04 BAB I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (344kB)

Abstract

Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1666 KUHPerdata hibah dirumuskansebagai suatu perjanjian yang tidak dapat ditarik kembali, melainkan ataspersetujuan pihak penerima hibah. Namun berdasarkan Pasal 920 KUHPerdata , ahli waris dapat melakukan tuntutan pengurangan terhadap hibah dalam hal bagian mutlak yang seharusnya para ahli waris terima tidak terpenuhi. Jika benda tersebut telah berada pada kekuasaan pihak ketiga, maka ahli waris tetapmempunyai hak untuk melakukan gugatan tan pengurangan atau pengembalian terhadap benda hibah tersebut (Pasal 929 ayat (1) KUHPerdata ). Berdasarkan Pasal tersebut dapat diartikan bahwa mengenai pemberian hibah yang dapatmerugikan ahli waris dapat diajukan pembatalan oleh ahli waris yang dilanggar bagian mutlaknya dengan pembuktian yang cukup di muka persidangan meskipun pemberian hibah tersebut telah bersertifikat hak milik atas tanah, karena s eringkali prosedur dalam per janjian hibah itu sendiri tidak sesuai dengan peraturan yang ada , sehingga hal tersebut dapat merugikan pihak lain yang berhak atas harta hibah . Dengan demikian p enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan Hakim dalam menentukan pembuktian dan putusan pada perkara hak milik atas tanah yang diperoleh karena hibah. Penelitian ini bersifat deskriptif karena dimaksudkan untuk menggambarkan dan menguraikan alasan-alasan pembatalan akta notaris berupa akta hibah dan akibat hukum dari adanya pembatalan akta notaris berupa akta hibah terhadap pihak yang kalah dalam proses pemeriksaan sengketa perdata di Pengadilan Negeri Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ahli Waris, Pemberian Hibah, Pembuktian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 20 Feb 2015 02:02
Last Modified: 20 Feb 2015 02:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31956

Actions (login required)

View Item View Item