Hubungan Antara Kedisiplinan Menjalankan Shalat Dengan Kepercayaan Diri Pada Mentor Kegiatan Mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rinjani, Oktora and , Susatyo Yuwono, S.Psi.,M.Psi., Psi. (2014) Hubungan Antara Kedisiplinan Menjalankan Shalat Dengan Kepercayaan Diri Pada Mentor Kegiatan Mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. naskah publikasi.pdf

Download (683kB)

Abstract

Kepercayaan diri sangat diperlukan oleh semua orang, tak terkecuali para mentor kegiatan mentoring. Seorang pementor dituntut untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena mereka harus tampil didepan banyak mahasiswa dan diharuskan untuk beradaptasi dengan mahasiswa yang awalnya belum mereka kenal. Karena para pementor mempunyai tanggung jawab untuk mengajarkan para mahasiswa dalam hal keagamaan. Seorang pementor yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan lebih tenang ketika mengajar dalam mentoring. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah ada hubungan antara kedisiplinan menjalankan shalat dengan kepercayaan diri pada mentor kegiatan mentoring UMS? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan menjalankan shalat dengan kepercayaan diri. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kedisiplinan menjalankan shalat dengan kepercayaan diri pada mentor kegiatan mentoring UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mentor kegiatan mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling, yaitu dengan melakukan random terhadap 12 fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta, subjek yang terpilih dalam penelitian ini adalah para mentor kegiatan mentoring UMS di fakultas Hukum, fakultas Geografi dan fakultas Agama Islam yang berjumlah 108 subjek. Metode pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan menjalankan shalat dengan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi produt moment. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,412; p = 0,000 (p < 0,05) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kedisiplinan menjalankan shalat dengan kepercayaan diri. Sumbangan efektif antara variabel kedisiplinan menjalankan shalat terhadap kepercayaan diri sebesar 17%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kedisiplinan menjalankan shalatdengan kepercayaan diri pada mentor kegiatan mentoring UMS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Menjalankan Shalat, Kepercayaan Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 18 Feb 2015 08:45
Last Modified: 16 Oct 2021 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31953

Actions (login required)

View Item View Item