Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Langgenharjo 02 Tahun Pelajaran 2014/2015

Sustiarni., Eka and , Drs. Saring Marsudi, SH., MPd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Langgenharjo 02 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (307kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (677kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPA melalui strategi pembalajaran CTL. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Langgenharjo 02 pada bulan September – November 2014. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru peneliti sebagai pelaksana tindakan dan siswa kelas III SDN Langgenharjo 02 yang berjumlah 26 siswa sebagai penerima tindakan dan objeknya adalah motivasibelajar siswa serta strategi pembelajaran CTL. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Indikator motivasi belajar adalah sebagai berikut: (1) Antusias belajar, (2) Semangat mengerjakan tugas, (3) kecepatan mengerjakan tugas, (4) ketekunan dalam mengerjakan tugas. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SDN Langgenharjo 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari Antusias belajar pada pra siklus 47%; siklus I pertemuan I 51%; siklus I pertemuan II 60%; siklus II pertemuan I 71%; siklus II pertemuan II 83%. Semangat mengerjakan tugas pra siklus 50%; siklus I pertemuan I 52%; siklus I pertemuan II 64%; siklus II pertemuan I 75%; siklus II pertemuan II 84%.Kecepatan mengerjakan tugas pra siklus 46%; siklus I pertemuan I 51%; siklus I pertemuan II 61%; siklus II pertemuan I 71%; siklus II pertemuan II 82%. Ketekunan mengerjakan tugas pra siklus 44%; siklus I pertemuan I 53%; siklus I pertemuan II 60%; siklus II pertemuan I 74%; siklus II pertemuan II 82%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi belajar bagi siswa melalui strategi pembelajaran CTL berdampak pada hasil belajar IPA dengan presentase ketuntasan yang diperoleh dari pra siklus 35% sebanyak 9 siswa, siklus I 65% sebanyak 17 siswa dan siklus II 88% sebanyak 23 siswa yang tuntas dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; motivasi – belajar; IPA; strategi pembelajaran CTL.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Feb 2015 03:13
Last Modified: 15 Oct 2021 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31936

Actions (login required)

View Item View Item