Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Kurniatami, Yusrin and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2014) Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (734kB)

Abstract

Perilaku kewarganegaraan organisasi muncul karena ada sejumlah factor yang menyebabkan seorang pegawai melakukan OCB. Salah satu faktor yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior yaitu kepemimpinan tranformasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di UMS. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kepemimpinan transformasional dengan OCB di UMS. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan dan dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI), Perpustakaan dan Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel dalam penelitian ini adalah 93 karyawan dan dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang diambil dari Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI), Perpustakaan dan Biro Administrasi Akademik (BAA). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah denganpurposive non-random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat ukur psikologis yaitu skala kepemimpinan transformasional dan skala Organizational Citizenship Behavior (OCB). Analisis data menggunakan korelasi product moment. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) Ada hubungan positif antara kepemimpinan transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di UMS. Hal ini ditunjukkan denga hasil r = 0,238 dengan p = 0,022 (p ≤ 0,05). (2) Kategori persepsi karyawan terhadap kepemimpinan transformasional tergolong sangat tinggi dengan rerata empirik (ME) = 57,70 dan rerata hipotetik (RH) = 40. (3) Kategori Organizational Citizenship Behavior (OCB) tergolong sangat tinggi dengan rerata empirik (ME) = 64,58 dan rerata hipotetik (RH) = 45. (4) sumbangan efektif kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebesar 0,056 atau 5,6%. Hal ini berarti masih terdapat 94,4 % dari beberapa variabel lain, selain variable kepemimpinan transformasional yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional dan Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 17 Feb 2015 07:26
Last Modified: 20 Oct 2021 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31920

Actions (login required)

View Item View Item