Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran Dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Di Daerah Boyolali)

Sutrisni, Sutrisni and , Drs. Eko Sugiyanto, M.Si (2014) Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran Dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Di Daerah Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (807kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating terhadap hubungan antara partisipasi dalam penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunkan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Rumah Sakit di Daerah Boyolali. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer tingkat menengah dan tingkat bawah diantaranya kepala bagian, kepala sub bagian dan kepala unit. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 58 orang dan diambil dengan teknik purposive sampling. Uji validitas menggunakan peason product moment dan uji reabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, Koefisien determinasi (R2) serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial dengan Hasil uji t memperoleh nilai thitung (3,547) dan p-value 0,001 karena nilai p<0,005 maka H1 diterima. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa interaksi PPA*KO sebesar (-2,133) dan p-value sebesar 0,038 karena nilai p < 0,05, maka H2 diterima, artinya komitmen organisasi memoderasi terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Sedangkan untuk interaksi PPA*GK sebesar (-0,033) dan p-value sebesar 0,974 karena nilai p > 0,05 maka H3 ditolak, artinya Gaya kepemimpinan tidak memoderasi terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi dalam penyusunan anggaran, kinerja manajerial, komitmen organisasi, gaya kepemimpinan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2015 04:38
Last Modified: 16 Oct 2021 13:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31906

Actions (login required)

View Item View Item