Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia 6-7 Tahun Antara Ibu Yang Bekerja Dan Tidak Bekerja Di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap

Indriani, Aditia (2014) Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia 6-7 Tahun Antara Ibu Yang Bekerja Dan Tidak Bekerja Di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (579kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (872kB)

Abstract

Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita bangsa yang dasarnya telah diletakan oleh generasi sebelumnya. Tumbuh kembang anak harus berjalan sejajar agar dapat menghasilkan generasi yang lebih baik. Usia lahir sampai dengan pendidikan dasar adalah masa keemasan sekaligus masa yang sangat rentan dalam tahapan kehidupan yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini adalah masa yang paling tepat untuk mengajarkan anak dalam kemandiriannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen. Dengan desain penelitian deskriptif komparatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 6-7 tahun di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap berjumlah 142 anak dengan ibu yang bekerja sebanyak 79 orang dan ibunya tidak bekerja sebanyak 63 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Probability sampling dengan menggunkan teknik simple random sampling, yaitu sebanyak 59 responden. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Agustus 2014. Variabel independen penelitian ini adalah ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Variabel dependen penelitian ini adalah tingkat kemandirian anak usia 6-7 tahun yang berada di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji T-test menunjukan hasil bahwa p=0.709, dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05 (p<0.05) maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan tingkat kemandirian anak usia 6-7 tahun antara ibu yang bekerja dan tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak, Perkembangan Anak, Ibu Bekerja, Ibu Tidak Bekerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Feb 2015 04:03
Last Modified: 17 Feb 2015 04:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31905

Actions (login required)

View Item View Item