Determinasi Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dengan Pengawasan Dewan Pada Keuangan Daerah (APBD) (Studi Empiris Pada DPRD Kabupaten Grobogan)

Nugroho, Satryadi and , Drs. Agus Endro Suwarno, M.Si (2014) Determinasi Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dengan Pengawasan Dewan Pada Keuangan Daerah (APBD) (Studi Empiris Pada DPRD Kabupaten Grobogan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan tranparansi kebijakan publik terhadap hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan dewan pada keuangan daerah (APBD). Berdasarkan hasil penelitian ini diharap0kan dapat memperdalam pengetahuan serta pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengawasan dewan pada keuangan daerah (APBD) di Kabupaten Grobogan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi moderating dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah anggota DPRD Kabupaten Grobogan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu anggota dewan yang membidangi perekonomi dan keuangan karena bidang (komisi) inilah yang berkaitan dengan keuangan daerah (APBD). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh terhadap pengawasan dewan pada keuangan daerah (APBD), sehingga H1 diterima. Komitmen organisasi berpengaruh terhadap hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan dewan pada keuangan daerah (APBD), sehingga H2 diterima. Akuntabilitas berpengaruh terhadap hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan dewan pada keuangan daerah (APBD), sehingga H3 diterima. Partisipasi masyarakat tidak berpengaruh terhadap hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan dewan pada keuangan daerah (APBD), sehingga H4 ditolak. Transparansi kebijakan publik tidak berpengaruh terhadap hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan dewan pada keuangan daerah (APBD), sehingga H5 ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dewan tentang anggaran, pengawasan, komitmen organisasi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat, transaparnsi kebijakan publik.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2015 04:09
Last Modified: 16 Oct 2021 13:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31904

Actions (login required)

View Item View Item