Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali)

Sasongko, Bangun Eris Siki and , Dr. Erma Setiawati, MM, Ak, CA and , Shinta Permata Sari, SE. M.Si (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (516kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usaha ekstensifikasi dan intensifikasi pajak merupakan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan penerimaan negara secara mandiri. Hal ini tidak mudah, karena dituntut peran aktif dari petugas pajak, juga kemauan dari wajib pajak itu sendiri. Kurangnya kemauan masyarakat membayar pajak tidak lepas dariminimnya kesadaran, pengetahuan dan pemahaman, dan persepsiatas efektivitas sistem perpajakantersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikann bukti empiris dan menguji pengaruh kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan dan persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Sampel yang terpilih sebanyak 100 responden dengan membagikan kuestioner secara langsung kepada responden di KPP Pratama Boyolali. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan data yang akan diolah terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik. Pemrosesan data menggunakan program komputer SPSS versi 17.0. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Hal ini berarti seluruh hipotesis dalam penelitian ini terdukung secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan, kemauan membayar pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2015 03:30
Last Modified: 16 Oct 2021 13:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31901

Actions (login required)

View Item View Item