Peningkatan Motivasi Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas III SDN Pasucen 02 Tahun 2014

Suminah, Suminah and , Drs. Mulyadi Sk.M.Pd. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas III SDN Pasucen 02 Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HAL DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laporan tindakan kelas dengan judul: Peningkatan Motivasi Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pasucen 02 Tahun 2014. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Berdasarkan pengamatan awal di SD Negeri Pasucen 02 ditemukan masalah dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi pencemaran lingkungan. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan siswa hanya diberi penjelasan dan contoh soal saja kemudian diberi tugas untuk mengerjakan dengan kemampuannya sendiri. Dalam hal ini, guru kurang memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kehidupan nyata. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan penggunaan Model Pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran IPA . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Pasucen 02 pada pembelajaran IPA tentang operasi hitung pencemaran lingkungan dengan Model Pembelajaran Inquiry. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Pasucen 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non tes. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan teknik analisis data meliputi analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa hingga 88 %. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan Model Pembelajaran Inquiry karena terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa, Model Pembelajaran Inquiry .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2015 02:41
Last Modified: 15 Oct 2021 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item View Item