Meningkatan Minat Belajar IPA Semester I Melalui Strategi Kontekstual Pada Siswa Kelas III SDN TEGALHARJO 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati

Sudibyo, Bambang (2014) Meningkatan Minat Belajar IPA Semester I Melalui Strategi Kontekstual Pada Siswa Kelas III SDN TEGALHARJO 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi Kontekstual. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Tegalharjo 02 pada tanggal 29 September 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas III SDN Tegalharjo 02 yang berjumlah 15 siswa dan obyeknya adalah minat belajar siswa serta strategi kontekstual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA adalah sebagai berikut:(1) perasaan senang; (2) ketertarikan siswa; (3) perhatian siswa; dan (4) keterlibatan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa kelas III SDN Tegalharjo 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi kontekstual. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap , siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I pertemuan I diketahui minat belajar siswa rendah dengan presentase 64%. Pada siklus I pertemuan II terdapat minat belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase minat belajar siswa 67% . Pada siklus II pertemuan I minat belajar siswa sangat baik dengan presentase 71,8%. Pada siklus II pertemuan II minat belajar siswa sangat baik dengan presentase 86,1%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran kontekstual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, minat belajar IPA, strategi kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 16 Feb 2015 06:13
Last Modified: 16 Feb 2015 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31885

Actions (login required)

View Item View Item