Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Balok Pada Anak Kelompok B Tk Tanggan I Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015

Nurhastuti, Eny and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Balok Pada Anak Kelompok B Tk Tanggan I Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kreativitas melalui bermain balok pada kelompok B TK Tanggan I Gesi Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitiaan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dala penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti paa setiap siklusnya dan analisis interaktif yatu analisis dimulai dari awal sampai berakhirnya pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah terjadi pengembangan kreativitas anak melalui bermain balok. Pengembangan kreativitas anak pada pra siklus mencapai 35,6%, siklus I meningkat menjadi 64,3%, dan siklus menjadi II 81,0%. Selain itu dapat disimpulkan bahwa dalam variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan kreativitas melalui bermain balok. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan bermain balok dapat mengembangkan kreativitas anak pada Kelompok B TK Tanggan I Gesi Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, bermain, balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2015 06:12
Last Modified: 19 Oct 2021 16:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31881

Actions (login required)

View Item View Item