Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Balok Susun Pada Anak Kelompok B TK Mojorejo 2 Kec. Karangmalang Kab. Sragen Tahun 2014/2015

Sukarni, Sri and , Dr. Sumardi, M.Si. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Balok Susun Pada Anak Kelompok B TK Mojorejo 2 Kec. Karangmalang Kab. Sragen Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain balok dan mengetahui tingkat kemampuan kognitif anak di TK Mojorejo 2, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen tahun 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Mojorejo 2 yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran selama penelitian. Guru kelas bertindak sebagai subjek pelaksanan tindakan, dan anak didik Kelompok B sebagai subjek penerima tindakan yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil prosentase pencapaian setiap siklusnya hingga hasil tercapai. Analisis interaktif dengan menganalisa data dari awal penelitian saapai berakhirnya penelitian. Hasil penelitian dalam dua siklus menunjukkan hasil peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain balok susun. Kemampauan anak sebelum dilakukan tindakan hanya 43,75 % setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama meningkat menjadi 68,75 %, dan pada siklus kedua kemampuan anak meningkat menjadi 87,5 % . Penelitian dinyatakan berhasil mencapai target 85 % ketuntasan belajar pada siklus kedua, sehingga siklus selanjutnya tidak dilakukan. Kesimpulan dari hasil tindakan dalam dua siklus bahwa kemampuan kognitif anak dengan permainan balok susun pada kelompok B TK Mojorejo 2 tahun ajaran 2014/2015 dapat meningkat dan tuntas belajarnya. Dari hasil tindakan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) bagi anak, untuk selalu gemar bermain yang berkaitan dengan peningkatan kognitif baik di sekolah maupun dirumah, (2) bagi guru, perlu mencari solusi bila terjadi permasalahan jika anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan kognitifnya dan bermain balok susun menjadi salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran, (3) bagi sekolah, perlu memfasilitasi kelengkapan alat media bermain dengan balok. Sehingga anak lebih banyak pilihan dalam melakukan kegiatan main.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, bermain balok susun.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Feb 2015 02:55
Last Modified: 20 Oct 2021 23:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31875

Actions (login required)

View Item View Item